Sultra Memilih

Agenda Sidang Putusan Laporan Dua Bakal Calon Anggota DPD RI di Bawaslu Sulawesi Tenggara

Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara (Bawaslu Sultra) mengagendakan sidang putusan laporan dua bakal calon anggota DPD RI.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara (Bawaslu Sultra) mengagendakan sidang putusan laporan dua bakal calon anggota DPD RI.

Seperti diketahui, Burhanis dan Tie Saranani, dua bakal calon yang melaporkan KPU atas dugaan pelanggaran administrasi pencalonan DPD RI ke Bawaslu Sultra.

Keduanya melaporkan KPU Sultra karena berkas syarat dukungan pencalonan bakal calon anggota DPD RI dikembalikan.

KPU berdalih berkas kedua bakal calon dikembalikan karena tidak memenuhi syarat minimal pencalonan DPD RI yang diunggah melalui Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan laporan kedua bakal calon sudah diproses sesuai mekanisme di Bawaslu.

Baca juga: Burhanis dan Tie Saranani Gugat KPU Sulawesi Tenggara ke Bawaslu Soal Pencalonan DPD RI Pemilu 2024

Hamiruddin Udu menjelaskan sidang putusan pelapor Burhanis atas dugaan pelanggaran administrasi tahapan verifikasi pencalonan DPD RI akan dilaksanakan Kamis (26/1/2023) pukul 10.30 Wita.

"Kedua atas nama Tie Saranani dengan laporan dugaan pelanggaran administrasi pendaftaran bakal calon anggota DPD RI juga akan dibacakan putusannya Kamis (26/1/2023), pukul 11.30 Wita," ucapnya.

Hamiruddin Udu menuturkan dalam sidang pembacaan putusan, pihaknya juga menghadirkan KPU Sultra sebagai terlapor.

Selama laporan kedua bakal calon yang diproses Bawaslu, pelapor dan terlapor KPU Sultra saling membantah dalih laporan dengan pembuktian.

"Iya, ada beberapa laporan dari Tie Saranani dan Burhanis yang dbantah KPU Sultra dan adapula yang diakui adanya kesalahan. Tapi semua akan dibacakan putusannya besok," jelas Ketua Bawaslu Sultra. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved