Berita Sulawesi Tenggara

Kemenag Sulawesi Tenggara Agendakan Kirab 1 Muharam Peringati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah merencanakan kirab 1 Muharram dalam memperingati Tahun Baru Islam.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Kepala Kemenag Sultra, Zainal Mustamin 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah merencanakan kirab 1 Muharram dalam memperingati Tahun Baru Islam.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada 29 Juli 2022 karena tepat berakhirnya bulan Dzulhijah 2022, sehingga pada 30 Juli 2022 tepat Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.

Kepala Kemenag Sultra, Zainal Mustamin mengatakan kegiatan ini didukung oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Sultra, ormas tingkat provinsi, Kota Kendari, dan Konawe.

"Nantinya dalam perayaan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah akan terbagi menjadi dua etape (tahap) yaitu pagi hari dan setelah Jumat," jelasnya, Rabu (27/7/2022).

Lanjutnya, etape pertama pada pukul 07.00 Wita akan dimulai di Masjid Agung Al Kautsar Kendari dan finish di Kantor Kemenag Sultra akan diterima Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas.

Baca juga: 10 UMKM di Kendari Sulawesi Tenggara Keciprat Bantuan Ekonomi Umat Rp10 Juta dari Kemenag

Dalam etape pertama ini terdiri dari siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) beserta para guru pun ikut hadir, dimeriahkan marching band dari Kota Kendari dan Konawe.

"Semua barisan tersebut akan dinilai pastinya dengan kriteria tertentu berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh juri," ujarnya.

Zainal Mustamin mengatakan etape kedua terdapat siswa dan para guru tingkat (Madrasah Aliyah), ormas Islam, ormas kepemudaan, para guru tingkat MA, organisasi kepemudaan, dan majelis taklim.

Etape kedua tersebut pada pukul 13.30 Wita usai pelaksanaan salat Jumat, dimulai di Kantor Kemenag Sultra berakhir di Pondok Pesantren Darul Muklisin.

"Pada etape kedua itu akan diterima oleh Gubernur Sultra, setelahnya akan dirangkaikan dengan tablig akbar dan akan menghadirkan salah satu habib," tuturnya.

Baca juga: Kemenag Baubau dan Unidayan Kerjasama Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara ini mengatakan usai tablig akbar tersebut akan dirangkaikan dengan Gema Islami dari BKMT Sultra.

Dalam kegiatan ini, Gubernur Sultra sekaligus akan membuka pekan olahraga dan seni pondok pesantren tingkat daerah yang akan mewakili di tingkat nasional pada Oktober 2022 di Jawa Tengah.

Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah ini mengambil tema Hijrah Bersahabat Menuju Sulawesi Tenggara yang Aman, Maju, Sejahtera, dan Bermartabat.

"Tema tersebut sebagai bagian dari kolaborasi dari gerakan Kemenag Bersahabat dan visi Pemprov Sultra yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat,"katanya.

Kepala Kemenag Sultra berharap pada tahap pertama nantinya setidaknya sebanyak 1.444 orang yang terlibat, dan tahap kedua sebanyak 2.022 orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Kemenag Kota Kendari Beri Pembinaan Guru PAI hingga Launching SiModerat, Gaungkan Moderasi Beragama

Nanti saat berlangsungnya kegiatan tepat pada pukul 14.44 Wita akan dilakukan hening atau berhenti sejenak untuk berdoa dalam menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.

Katanya, kegiatan ini terinspirasi dari sejarah Nabi Muhammad SAW bersama sahabat, dengan melihat perjuangan Rasulullah SAW dahulu dalam membangun suatu peradaban.

"Sehingga perjuangan ini harus didorong kekuatan besar yaitu hijrah, karena hijrah yang tuntas itu tidak berhenti pada kata sukses tetapi untuk mensukseskan orang lain yaitu visi misi merawat kebangsaan dan kenegaraan," pungkasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved