Breaking News:

Berita Kendari

Kemenag Kota Kendari Beri Pembinaan Guru PAI hingga Launching SiModerat, Gaungkan Moderasi Beragama

Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pembinaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pembinaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Pembinaan guru PAI ini diselenggarakan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sultra, pada Kamis (9/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pembinaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pembinaan guru PAI ini diselenggarakan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sultra, pada Kamis (9/6/2022).

Sebanyak 70 peserta terdiri dari guru PAI tingkat TK hingga SMA/SMK, pengawas PAI serta mahasiswa IAIN Kendari mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu, kegiatan pembinaan ini dirangkaikan dengan launching Sistem Layanan Informasi Moderasi Beragama (SiModerat) lingkup Kantor Kemenag Kota Kendari.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, Zainal Mustamin membuka langsung kegiatan pembinaan dan launching ini.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Istri Borong Makanan Ringan Khas Sultra di Wakatobi, Order Khusus Abon Ikan Tuna

Zainal Mustamin mengatakan dirinya sangat mengapresiasi inovasi aplikasi Sistem Layanan Informasi Moderasi Beragama.

Lantaran, menurutnya dangan adanya SiModerat ini dapat menjadi rumah belajar tentang moderasi beragama.

"Ini bisa menjadi referensi bagi masyarakat untuk memperoleh informasi tentang moderasi beragama secara online," ujarnya.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari ini juga menyampaikan, Kementarian Agama terus mengutamakan moderasi beragama dalam berbagai pendekatan.

Untuk menyentuh berbagai macam ekosistem pendidikan, ekosistem usaha, perguruan tinggi, tokoh agama, dan sebagainya.

Baca juga: Potret Puluhan Rumah di Kawasan TPA Puuwatu Kendari Usai Terbakar, Nyaris Rata dengan Tanah

Hal itu dilakukan guna memiliki generasi bangsa yang memiliki cara pandang positif dan moderat di dalam merawat Indonesia sejak dini.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya mengatakan moderasi beragama di seluruh Indonesia, baru pertama kali dilakukan oleh Provinsi Sulawesi Tenggara.

Aplikasi SiModerat dirancang Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Kota Kendari saat mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Makassar beberapa waktu lalu.

"Di sana beliau merancangnya. Ini salah satu tugas kediklatanya, kemudian dikemas dari berbagai konten yang ada, baik itu video dan informasi lain dalam bentuk online," jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved