Breaking News:

Berita Konawe

Polisi Tak Bermaksud Bubarkan Tari Lulo di Konawe, Dikbud Sebut Kemajuan Budaya Diatur Undang-Undang

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, Dr Suriyadi menyebut jika aparat kepolisian tidak ada maksud membubarkan lulo.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe, Dr Suriyadi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, Dr Suryadi menyebut jika aparat kepolisian tidak ada maksud membubarkan lulo.

Pernyataan itu, ia sampaikan saat menemui sejumlah warga yang protes adanya pembubaran tari lulo dalam hajatan di Kelurahan Latoma, Kecamatan Unaaha, beberapa waktu lalu.

"Apa yang dilakukan teman-teman aparat itu bukan mau membubarkan atau melarang kemajuan yang namanya instrumen budaya kita," ujar Dr Suryadi dihadapan sejumlah warga yang berunjuk rasa, Kamis (28/10/2021).

Menurutnya, dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, maka semua instrumen budaya dan kearifan lokal akan tetap dilestarikan dan dimajukan termasuk tari lulo.

"Saya yakin dan percaya kita satu keyakinan bahwa aparat tidak ada niat untuk melarang dan membubarkan instrumen budaya yang kita lakukan," tambahnya.

Baca juga: Polres Konawe Tegaskan Tidak Akan Bubarkan Tari Lulo saat Hajatan, Digelar Tanpa Minuman Keras

Namun, Dr Suryadi, sepakat dengan pernyataan Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih jika mengarah ke tindak pidana maka akan dibatasi.

Lebih lanjut, Dr Suryadi menjelaskan tari lulo saat ini telah teregistrasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Tidak alasan kita tidak majukan (budaya) tetapi hal-hal yang disampaikan Ibu Kasat itu tidak boleh kita lakukan. Ini menjadi rujukan kita," jelasnya.

Polres Konawe Tidak Akan Bubarkan

Diberitakan sebelumnya, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih menemui sejumlah warga yang protes pembubaran kegiatan tari lulo beberapa waktu lalu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved