Berita Konawe Utara

DPRD Siap Kawal Proses Pembangunan Proyek Strategis Nasional Kawasan Industri di Motui Konawe Utara

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) siap mengawal proses pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Istimewa
Ketau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Konawe Utara (DPRD Konut), Ikbar. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONUT - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) siap mengawal proses pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

PSN tersebut yakni kawasan industri PT Nusantara Industri Sejati (PT NIS) yang berada di Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sultra.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Konut, Ikbar saat diwawancarai TribunnewsSultra.com belum lama ini.

Kata Ikbar, dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah apalagi di bidang pertambangan, mewakili masyarakat sangat mengapresiasi peremerintah menghadirkan PSN di Konawe Utara.

"Kabupaten Konut ini yang sangat luas dengan jumlah penduduk yang cukup besar dan keinginan mereka adalah pembangunan kawasan industri," ungkap Ikbar.

Baca juga: Pemkot Kendari Godok Persiapan Bangun Industri Baterai, Tahun Ini Fokus Bebaskan Lahan dan Perizinan

Politisi Partai Bulan Bintang ini mengaku sangat mendukung hadirnya kawasan industri di Konut mengingat Sumber Daya Alam begitu banyak.

"Kami selaku wakil rakyat akan mengawal pembangunan ini sampai tuntas mulai dari pembebasan lahan sampai dengan sosialisasi kepada masyarakat," pungkasnya.

Untuk informasi tambahan, terdapat tiga kawasan industri di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2023.

Melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menetapkan sebanyak 10 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru dan empat proyek yang disesuaikan nomenklaturnya dalam daftar PSN.

Dari 10 Proyek Strategis Nasional pada tahun 2023, sebanyak tiga kawasan industri di Sultra masuk di dalam daftarnya.

Baca juga: Di Kelurahan Sanua Kendari Bakal Berdiri 12 Sentra Industri Kecil dan Menengah, Luas Lahan 1 Hektar

Tiga kawasan tersebut antara lain PT Kendari Kawasan Industri Terpadu/ Kawasan Industri Kendari, PT Indonesia Pomalaa Industry Park, dan PT Nusantara Industri Sejati atau Kawasan Industri Motui.

Untuk diketahui, Proyek Strategis Nasional (PSN) adalah proyek infrastruktur Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dianggap strategis.

PSN dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah.

PSN diatur melalui Peraturan Presiden, sementara pelaksanaan proyek dilakukan secara langsung Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau Badan Usaha serta Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). (*)

(TribunnewsSultra.com/Bima Saputra Lotunani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved