PLN UPDK Kendari

PLTU Nii Tanasa Sabet Juara 3 Lomba Pemanfaatan Limbah Batu Bara atau FABA Regional Sulmapana

PLTU Nii Tanasa sabet juara tiga lomba pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) di Regional Sulawesi Maluku Papua Nusa Tenggara (Sulmapana).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
PLTU Nii Tanasa sabet juara tiga lomba pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) di Regional Sulawesi Maluku Papua Nusa Tenggara (Sulmapana). Lomba pemanfaatan limbah atau abu batu bara tersebut dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-77. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - PLTU Nii Tanasa sabet juara tiga lomba pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) di Regional Sulawesi Maluku Papua Nusa Tenggara (Sulmapana).

Lomba pemanfaatan limbah atau abu batu bara tersebut dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-77.

Kegiatan ini dibagi per regional yaitu Regional Jawa Madura Bali (Jamali), Regional Sumatera Kalimantan (Sumkal), dan Regional Sulawesi Maluku Papua Nusa Tenggara (Sulmapana).

Manager PLN UPDK Kendari, Muhammad Rusli Sain sangat mengapresiasi capaian PLTU Nii Tanasa memanfaatkan abu batu bara sehingga bisa mempertahankan juara lomba pemanfaatan FABA kali ini.

Katanya, pemanfaatan FABA di PLTU Nii Tanasa sudah mulai banyak peningkatan dan beberapa kendala yang dihadapi sudah mulai dikelola dengan baik.

Baca juga: 100 Peserta Antusias Ikuti Donor Darah Digelar PLN UPDK Kendari, Peringati Hari Listrik Nasional

"Kami apresiasi sebesar-besarnya Tim PLTU Nii Tanasa yang sudah kerja keras, sehingga persentase pemanfaatan FABA bisa tercapai sesuai target kinerja," ucapnya, Kamis (1/12/2022).

Ia menjelaskan pada 2022, PLTU Nii Tanasa kembali meraih juara tiga dalam lomba pemanfaatan FABA mengulang prestasi pada tahun 2021.

Lomba pemanfaatan FABA tahun ini diikuti oleh seluruh PLTU yang berlokasi di Regional Jamali, Sumkal, dan Sulmapana tanpa dibatasi kapasitas tertentu.

"Kriteria lomba pemanfaatan FABA tahun ini meliputi pencapaian presentase pemanfaatan FABA (total fly ash dan bottom ash), trend pemanfaatan FABA mengalami kenaikan," tuturnya.

Kemudian, intensitas limbah FABA rata–rata, trend NHWI mengalami penurunan, memiliki kerja sama pemanfaatan FABA.

Baca juga: Manfaatkan Abu Batu Bara Jadi Batako dan Paving Blok, PLN UPDK Kendari Libatkan PT Prima Dwi Utama

"Selain itu , jumlah variasi produk yang dihasilkan kondisi pengelolaan FABA (cost reduction/zero cost/profit center) dan proses persetujuan lingkungan," ungkapnya.

Muhammad Rusli Sain menjelaskan setiap Unit PLTU yang mengikuti lomba diseleksi oleh tim juri PLN Kantor Pusat.

Lomba ini diselenggarakan untuk mendorong pemanfaatan FABA secara luas (masif) dan kontinu, agar dapat mendukung program pemerintah, baik pembangunan infrastruktur ataupun UMKM.

"Lomba ini merupakan upaya PLN mendukung pemanfaatan FABA setelah diterbitkannya Peraturan Pemerintah RI No 22 Tahun 2021," kata Muhammad Rusli Sain.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved