Berita Konawe Utara

Pemkab Konawe Utara Pinjam Dana Rp200 Miliar di Bank Sultra, Dipakai Bangun Infrastruktur Konut

Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Konut menggandeng Bank Sultra dalam pembangunan daerah.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan Pemerintah Kabupaten Konut meminjam dana Rp200 miliar di Bank Sultra. Ruksamin mengatakan pinjaman dana senilai Rp200 miliar ini, diiperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur di ibu kota Konawe Utara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan Pemerintah Kabupaten Konut meminjam dana Rp200 miliar di Bank Sultra.

Ruksamin mengatakan pinjaman dana senilai Rp200 miliar ini, diiperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur di ibu kota Konawe Utara.

Kata dia, pinjaman tersebut difokuskan pada pembangunan dan perbaikan atau renovasi yang dilakukan dengan sebaik mungkin.

"Tentunya untuk pembangunan dan akan dilakukan sebaik mungkin termasuk jaringan jalan dan juga jalan produksi. Kami akan siapkan semuanya," ujarnya, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, pembangunan serta rehabilitasi infrastruktur tersebut di dalamnya termasuk pembenahan atas bencana banjir yang terjadi pada 2019 lalu.

Baca juga: Pemkab Konawe Utara Gandeng Bank Sultra Percepat Pembangunan, Kucurkan Pinjaman Dana Rp200 Miliar

tindak lanjut dari pinjaman dana ini, Pemkab Konut telah memasukan anggaran tersebut ke Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD Konut.

"Jadi sebelum penandatanganan pinjaman, harus dimasukan ke dalam APBD. Jadi semua item yang ditandatangani dengan item pekerjaan, berapa anggarannya sudah masuk di APBD," jelasnya.

Ruksamin mengatakan Pemkab Konut akan segera proses dan akan dilelang pekerjaan yang telah dipersiapkan oleh pemerintah.

Katanya, dalam penandatanganan ini fokusnya pada infrastruktur karena memang dalam pinjaman daerah fokusnya ada pembangunan.

"Memang untuk infrastruktur agar ekonomi kita meningkat, serta dari sisi pelayanan juga ikut meningkat," ujarnya.

Baca juga: Ruksamin Sebut Nada Sambung Pribadi Mars Konasara Contoh Inovasi Tingkatkan PAD di Konawe Utara

"Karena pasca banjir banyak jalan yang rusak seperti jembatan dan lainnya sehingga itu semua kita perbaiki," lanjut Bupati Konut.

Untuk diketahui, pinjaman tersebut dalam membangun infrastruktur di berbagai bidang guna mendukung pembangunan daerah.

Misal bidang infrastruktur bina marga, insfrastruktur di bidang lingkungan hidup, pendidikan dan olahraga serta pembangunan Mess Pemerintah di Desa Mataiwoi, Kecamatan Andowia.

Sebelumnya, Pemkab Konut menandatangani Perjanjian Kredit Pinjaman Daerah Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, yang dilaksanakan di Kantor Bank Sultra, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved