Wakatobi Tanpa Pesawat

DPRD Masih Tunggu Surat Resmi Pemerintah Kabupaten Wakatobi Bahas Subsidi Penumpang Pesawat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sampai saat ini masih menunggu surat resmi Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sampai saat ini masih menunggu surat resmi Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Surat tersebut mengenai pembahasan subsidi penumpang pesawat di Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, Provinsi Sultra. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sampai saat ini masih menunggu surat resmi Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Surat tersebut mengenai pembahasan subsidi penumpang pesawat di Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, Provinsi Sultra.

Wakil Ketua II DPRD Wakatobi, Laode Nasrullah mengatakan surat diterima pihaknya ditandatangani Sekretaris Daerah Wakatobi bukan surat pengusulan subsidi, tetapi surat untuk menyetujui hal tersebut.

Menurutnya, isi dalam surat yang diterima menjadi sebuah tanda tanya bagi DPRD Wakatobi, Provinsi Sultra.

"Kami masih tunggu surat resmi untuk membahas subsidi, sudah ada surat sebelumnya yakni terkait menyetujui, tidak dijelaskan secara rinci menyetujui tentang apa," katanya, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: Pemkab Akan Perjuangkan Penerbangan Kendari-Wakatobi, Ilmiati Sebut Bupati Haliana Sudah di Jakarta

Kata dia, DPRD Wakatobi tidak bisa langsung menyetujui begitu saja, karena semua harus ada mekanismenya.

Karena nantinya akan dibahas bersama semua pihak baik dari Pemkab Wakatobi, DPRD Wakatobi dan maskapai penerbangan, sehingga dapat dihasilkan kesepakatan bersama.

"Kami sampai saat ini masih menunggu surat secara resmi dari Pemkab Wakatobi, seharusnya dalam surat tersebut meminta membahas terkait subsidi" tuturnya.

Nasrullah mengatakan terkait anggaran, tidak bisa dipastikan berapa besaran yang harus dikeluarkan dari APBD Wakatobi karena sekali lagi belum ada pembahasan bersama.

Karena dalam pembahasan nantinya harus diberikan gambaran skema yang ditawarkan oleh Pemkab Wakatobi dan pihak maskapai.

Baca juga: Pemprov Sultra Upayakan Penerbangan Kendari ke Wakatobi Sulawesi Tenggara Kembali Beroperasi

"Setelah ada skema yang ditawarkan dari pemerintah dan maskapai kemudian akan dipertimbangkan DPRD dan dipastikan keputusan tersebut bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.

Sementara itu, sebelumnya, Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud membenarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi siap mensubsidi seat penumpang maskapai penerbangan.

"Iya pastinya, intinya apapun yang terbaik untuk menghadirkan kembali ‘burung besi’ demi konektivitas udara di Kabupaten Wakatobi harus diupayakan dan didukung bersama," kata Ilmiati dikonfirmasi TribunnewsSultra.com, Jumat (22/07/2022).

Hanya saja, kata Ilmiati, Pemkab Wakatobi masih menunggu persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Wakatobi terkait penganggaran subsidi seat tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved