Wakatobi Tanpa Pesawat

Pemprov Sultra Upayakan Penerbangan Kendari ke Wakatobi Sulawesi Tenggara Kembali Beroperasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengupayakan penerbangan Kendari menuju Wakatobi dan sebaliknya kembali beroperasi.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Bandar Udara Matahora Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengupayakan penerbangan Kendari menuju Wakatobi dan sebaliknya kembali beroperasi.

Pasalnya, berdasarkan salinan pengumuman PT Wings Abadi Station Manager Wakatobi disebutkan layanan penerbangan rute ini dihentikan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra, Belli Harli Tombili mengatakan Pemprov Sultra tidak tinggal diam soal penghentian rute penerbangan Kendari ke Wakatobi oleh maskapai Wings Air.

Belli menuturkan untuk memecahkan permasalahan yang membuat rute penerbangan Kendari ke Wakatobi berhenti butuh sinergi bersama.

"Pemprov Sultra sudah bergerak dan berkoordinasi dengan beberapa pihak seperti Pemkab Wakatobi, DPR RI, Kadin Sultra, Kemenparekraf serta kementerian terkait lainnya," tuturnya, Kamis (7/6/2022).

Baca juga: Pengamat Alvin Lie Sebut Harga Avtur Naik Picu Penghentian Penerbangan Wings Air di Wakatobi

Kadispar Sultra mengatakan koordinasi yang dilakukan Pemprov Sultra untuk menguatkan semua pihak mengingat pentingnya moda transportasi udara ke Wakatobi untuk pengembangan pariwisata.

Apalagi, Kabupaten Wakatobi masuk kawasan strategis pariwisata nasional dan unggulan Sultra yang diakui hingga kancah internasional.

"Sehingga kejadian ini tentu mempengaruhi pasar dan pengembangan pariwisata di kawasan yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya tersebut," imbuhnya.

Katanya, berhentinya rute ini sudah tersampaikan kepada Menteri Menparekraf, Sandiaga Uno. Menteri turut prihatin dan sesegera mungkin akan menindaklanjuti.

Saat ini, pihaknya telah mempersiapkan beberapa dokumen pendukung resmi dalam penguatan untuk mencari solusi terbaik agar akses penerbangan menuju Wakatobi tetap atau kembali terbuka.

Baca juga: Penerbangan Rute Wakatobi–Kendari Dihentikan, Wings Air: Hanya Bisa Diakses dari Baubau dan Makassar

"Pemprov Sultra butuh data terkini kondisi Wakatobi tentang wisatawan termasuk potensi seat Wings Air yang bisa terisi," katanya.

Ia menambahkan pihaknya harus lebih gencar dan intens melakukan promosi program selling, hingga event yang berkelanjutan di Wakatobi.

Kadispar Sultra meminta agar semua pihak untuk mengambil sisi positif serta hikmah yang dapat diambil dari kejadian ini.

"Melihat kejadian ini perlunya semua elemen untuk duduk bersama mengevaluasi hal yang dianggap bisa mendukung maskapai penerbangan ke Wakatobi tetap bisa berjalan," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved