Berita Kendari

Mentor UMKM di Kendari Terima Sertifikasi BNSP, Kendari Preneur Optimis Pelaku UMKM Terus Meningkat

Sertifikasi BNSP diserahkan langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, di Zahra Hotel Syariah Kendari, Selasa (21/12/2021).

(Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com)
Penyerahan sertifikasi BNSP kepada 100 mentor Pendamping UMKM oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, di Zahra Hotel Kendari, Selasa (21/12/2021) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - 100 Mentor UMKM terima sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Setelah sebelumnya mengikuti beberapa pelatihan yakni Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global, serta tes uji kompetensi yang diadakan Kendari Preneur bersama Pemerintah Kota Kendari.

Sertifikasi BNSP diserahkan langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, di Zahra Hotel Syariah Kendari, Selasa (21/12/2021).

Selain penyerahan sertifikasi, ada pula bantuan jasa desain produk atau penyerahan rebranding pada pelaku UMKM di Kota Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan kegiatan Pemerintah Kota Kendari melalui Kendari Preneur ini merupakan upaya untuk menguatkan UKM di Kota Kendari.

Menurutnya, UKM di Kendari memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di daerah.

Baca juga: UHO Fest 2021 Resmi Digelar, Tampilkan Stand UMKM, Dialog hingga Konser Berlangsung 3 Hari

"Ini ekspresi kebahagiaan teman-teman UKM yang sudah difasilitasi berbagai pelatihan dan mungkin mereka merasakan pelatihan yang mereka dapatkan selama ini berbeda dengan apa yang disuguhkan Pemerintah kota Kendari melalui Kendari preneur," kata Sulkarnain.

Ia menyampaikan, jika Pemkot Kendari berkomitmen memberikan dukungan, memberikan peluang bahkan mensupport dari sisi regulasi dan kebijakan agar UKM bisa tumbuh dan berkembang.

Ia berharap dengan peningkatan kapasitas ini, produk-produk UKM di Kota Kendari bisa diangkat ke tingkat nasional maupun internasional.

"Mudah-mudahan dengan program-program yang digagas lewat Kendari preneur ini berupa go digital go modern go online dan global bisa nantinya semakin memotivasi teman-teman UMKM apalagi situasi dan kondisi saat ini," ujarnya.

Baca juga: Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara: Warga Mudah Dapat Modal Usaha di Bank, Dilatih Mengelola

Ia mengatakan, meskipun kondisi pandemi Covid-19 ruang UMKM sangat terbuka bagi masyarakat untuk memanfaatkan program dan kebijakan Pemkot.

Ia berpesan pada pelaku UKM di Kota Kendari agar memiliki semangat tumbuh bersama.

Kemudian ilmu yang telah didapatkan baik dalam pelatihan maupun sertifikasi digunakan dalam mengembangkan usaha dan mengajak serta membina UKM lain.

Bahkan, di tahun 2022 Pemkot Kendari akan melakukan sertifikasi pada 400 mentor baru sehingga dengan tambahan 100 mentor yang sudah dihasilkan tahun ini, ditargetkan bisa menghasilkan 5 ribu UKM Kota Kendari yang handal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved