Breaking News:

Opini

OPINI : Refleksi Pemuda dan Alumni Kampus Daerah Sulawesi Tenggara

banyak diantara mereka juga, diberdayakan oleh perusahaan diluar pulau Jawa untuk dilibatkan pada sektor-sektor strategis dalam sebuah perusahaan

Istimewa
Muh Arlin Syahputra (Presiden Mahasiswa Universitas Halu Oleo) 

Muh Arlin Syahputra - Presiden Mahasiswa Universitas Halu Oleo 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Seiring berjalannya waktu, Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulawesi Tenggara (Sultra) semakin hari makin bertambah, dengan berbagai latar belakang pendidikan dan soft skill yang dimiliki.  

Pemuda dan alumni kampus misalnya, saat ini sedang terombang-ambing dalam ketidakpastian masa depan, ditengah melimpahnya sumber daya alam (SDA) di Sultra. 

Bercermin dari pemuda yang ada di pulau Jawa, anak muda dan para alumni kampus telah banyak diberdayakan perusahaan plat merah atau swasta untuk dilibatkan pada pengembangan sektor pengelolaan SDA yang ada didaerahnya masing-masing. 

Bahkan banyak diantara mereka, diberdayakan perusahaan diluar pulau Jawa untuk dilibatkan pada sektor-sektor strategis sebuah perusahaan. 

Baca juga: Kejaksaan Agung Gandeng PBB demi Berantas Korupsi dan Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia

Baca juga: Dianggap Haram dan Merugikan, PWNU Sultra Imbau Masyarakat Tak Pakai Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Ini dapat menjadi sebuah refleksi untuk kita sebagai Putra Daerah Sulawesi Tenggara, mampukah seperti saudara saudara kita yang ada dipulau jawa ?

Melihat iklim investasi di Sultra yang sangat menggembirakan ini tergambarkan dari data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sultra, mencatat realisasi investasi di Sultra mencapai Rp11 triliun ditahun 2017. 

Ini merupakan sebuah capaian besar karena melampaui target secara nasional yang hanya berada pada level Rp 10 triliun.

Sedangkan menurut catatan BKPM, Realisasi Investasi Provinsi Sulawesi Tenggara dimasa pandemi sepanjang 2020 mencapai Rp21,13 Triliun, naik 13,1 persen dibandingkan dengan capaian 2019 sebesar Rp18,65 Triliun. 

Pencapaian ini sinyal positif bagi pertumbuhan investasi dan pemerataan ekonomi di daerah Sultra karena ditunjang dari berbagai sektor.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved