Berita Konawe

Kantor Imigrasi Wakatobi Rakor Timpora di Pulau Tomia, Upaya Sinergitas Pengawasan Orang Asing

Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora di Pulau Tomia.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora di Pulau Tomia. Kegiatan ini dihelat di dua kecamatan yang mencakup Kecamatan Tomia dan Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora di Pulau Tomia.

Kegiatan ini dihelat di dua kecamatan yang mencakup Kecamatan Tomia dan Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (22/9/2022).

Kepala Kantor Imigrasi Wakatobi, Budi Darmawan mengatakan kegiatan ini digelar guna memperkuat sinergitas dalam pengawasan orang asing.

Kata dia, hal ini merupakan salah satu perwujudan program Kantor Imigrasi Wakatobi dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi keimigrasian.

"Iya. Jadi kegiatan merupakan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi keimigrasian terkait pengawasan orang asing di setiap pulau di Wakatobi," katanya.

Baca juga: Imigrasi, Pemkot Kendari dan Organisasi Internasional Gelar Rakornas Bahas Pekerja Migran Indonesia

Selain itu, Budi Darmawan menjelaskan giat ini juga merupakan wujud dan komitmen nyata Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi dalam melaksanakan fungsi keimigrasian.

Lanjutnya, yakni meliputi pelayanan terhadap masyarakat, penegakan hukum dan keamanan, serta fasilitator pembangunan ekonomi.

“Oleh karena kami berpedoman pada Tri Fungsi Imigrasi yaitu Pelayanan Masyarakat, Penegakan Hukum dan Keamanan serta Fasilitator Pembangunan Ekonomi," jelasnya.

"Kami anggap sangat perlu diadakan kegiatan ini untuk menyebarkan informasi dan wadah kolaborasi pengawasan keimigrasian dalam rangka penegakan hukum keimigrasian di Pulau Tomia," ujarnya.

Unsur stakeholder pemerintah setempat pun ikut dalam kegiatan tersebut, misalnya Camat Tomia dan Tomia Timur, TNI, Kepolisian, Lurah dan Kepala Desa serta instansi lain.

Baca juga: Mengenal Si Langsing, Aplikasi Kantor Imigrasi Kendari Memudahkan Pengawasan Warga Negara Asing

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved