Berita Sulawesi Tenggara

Inovasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari Sultra Ciptakan Pelayanan Prima untuk Masyarakat

Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kendari telah mencetus beragam inovasi untuk menciptakan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Sitti Nurmalasari
Tangkapan Layar
Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kendari, Samuel Toba saat menjadi narasumber program Tribun Corner di Studio TribunnewsSultra.com, pada Senin (6/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kendari telah mencetus beragam inovasi untuk menciptakan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Sejumlah inovasi itu dibeberkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kendari, Samuel Toba saat menjadi narasumber program Tribun Corner di Studio TribunnewsSultra.com, pada Senin (6/6/2022).

Samuel Toba mengatakan, jauh sebelum pihaknya mencetus inovasi memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, terlebih dahulu seluruh karyawan harus mengubah mindset atau pola pikir.

"Bagaiamana cara mengubah mindset atau pola pikir mulai dari pimpinan hingga yang terbawah pola pikir harus berubah," katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, hal ini harus dilakukan guna menginternalisasikan budaya kerja pelayanan prima untuk mencapai angka kepuasan masyarakat dalam pelayanan.

Baca juga: Mengenal Si Langsing, Aplikasi Kantor Imigrasi Kendari Memudahkan Pengawasan Warga Negara Asing

"Untuk menciptakan pola pikir tersebut pimpinan harus menjadi rule model. Pimpinan di sini bukan hanya kepala kantor, melainkan semua unsur pimpinan menjadi contoh bagi bawahannya," imbuhnya.

Ia menerangkan selain mengubah mindset setiap karyawan, layout kantor atau tata ruang kantor harus perlu perubahan.

Sehingga, katanya, dengan adanya perubahan layout kantor, masyarakat dapat merasa aman, nyaman saat diberikan pelayanan dalam Kantor Imigrasi Kendari.

"Masyarakat yang datang mengadu pun dapat terarah menerima panduan saat mendapatkan pelayanan," tandasnya.

Untuk itu, Samuel Toba berujar sejumlah inovasi pun dicetusnya untuk menambah dan memperoleh kepuasan prima terhadap masyarakat.

Baca juga: Staf Ahli Kemenkumham Bidang Sosial Sebut Sarana dan Prasarana Kantor Imigrasi Kendari Sangat Baik

"Inovasi agar pelayanan terhadap masyarakat tidak monoton. Oleh sebab itu, sejumlah langkah-langkah untuk mencapai itu telah kami cetuskan," ucapnya.

Selengkapnya, berikut ini kiat-kiat inovasi yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kendari dalam mencapai pelayanan prima terhadap masyarakat.

- Pelayanan Ramah

Kantor Imigrasi Kendari Kelas 1 TPI Kendari mengedepankan pelayanan hospitality (keramahan)

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved