Berita Kendari

Mengenal Si Langsing, Aplikasi Kantor Imigrasi Kendari Memudahkan Pengawasan Warga Negara Asing

Mengenal Si Langsing, aplikasi dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari yang memudahkan dalam pengawasan Warga Negara Asing (WNA).

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Tangkapan Layar
Mengenal Si Langsing, Aplikasi Kantor Imigrasi Kendari Memudahkan Pengawasan Warga Negara Asing 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mengenal Si Langsing, aplikasi dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari yang memudahkan dalam pengawasan Warga Negara Asing (WNA) bila berada di Kota Kendari.

Diketahui, Si Langsing merupakan singkatan dari Sistem Informasi Pelaporan Orang Asing ialah inovasi terbaru dari Kantor Imigrasi Kendari dalam pengawasan orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kendari.

Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kendari, Trisulo Petaling mengatakan nantinya melalui aplikasi ini secara mandiri bakal langsung merekam ke dalam data base tiap WNA yang menginap di hotel atau penginapan.

"Kami membuat inovasi yang membuat data orang asing setiap melakukan cek in di hotel atau tempat penginapan yang lain," katanya pada Selasa (24/5/2022).

Lebih lanjut, kata dia, cara kerja aplikasi ini orang asing tersebut hanya akan menscan barcode melalui aplikasi Si Langsing setiap kali untuk melakukan cek in pada hotel atau penginapan.

Baca juga: Staf Ahli Kemenkumham Bidang Sosial Sebut Sarana dan Prasarana Kantor Imigrasi Kendari Sangat Baik

"Setelah discan yang bersangkutan langsung mengisi data berupa Warga Negara dan Nomor Password serta lama tinggal di Indonesia dan data ini secara otomatis masuk dalam server Kantor Imigrasi Kendari," jelasnya.

Untuk itu, Kantor Imigrasi Kendari dapat dengan mudah melacak dan mengetahui kegiatan orang asing bila ada kerabat WNA bersangkutan menanyakan keberadaannya.

"Apabila kita mencari orang asing tersebut kita bisa mengetahui keberadaan dan kegiatan orang asing bagi yang menginap di hotel-hotel," terangnya.

Selain berinovasi dengan mencetuskan aplikasi SILANGSING, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari juga terus melakukan sosialisasi aplikasi M-Paspor yang merupakan aplikasi terbaru Direktorat Jenderal Imigrasi.

Ia menyebutkan M-Paspor ini merupakan aplikasi untuk memfasilitasi pemohon melakukan pra permohonan paspor dengan mengisi formulir dan mengunggah pindai berkas ke aplikasi secara mandiri.

Baca juga: PPNI Kendari Ditantang Hadirkan Aplikasi Perawat Mandiri, Inovasi Mudahkan Pelayanan Kesehatan

"Dengan demikian, pemohon cukup menunjukkan berkas aslinya saat datang ke Kantor Imigrasi sehingga memangkas waktu tatap muka," ungkap Trisulo Petaling.

Ia juga mengungkapkan hingga resmi dicetuskan aplikasi ini, Kantor Imigrasi Kendari telah melakukan berbagai sosialisasi ke sejumlah instansi di Kota Kendari.

Misalnya saja pada Senin (23/5/2022) kemarin, Kantor Imigrasi Kendari melakukan sosialiasi di Kantor Kelurahan Tobuuha, dan BPR Bahteramas Kota Kendari.

"Untuk menjangkau tingkat kelurahan agak susah makanya kami berusaha untuk menjangkau tingkat kelurahan dan kami juga mencoba menjangkau nasabah bank," imbuhnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved