Berita Bombana

Mengenal Tari Lumense, Tarian Pengusir Roh yang Berasal dari Bombana Ditarikan pada HUT RI di Istana

Mengenal tari lumense, tarian pengusiran roh yang berasal dari daerah Bombana, Sulawesi Tenggara, ditarikan oleh penari pada HUT RI di Istana Negara.

Penulis: Sri Rahayu | Editor: Aqsa
kolase foto (handover)
Mengenal tari lumense, tarian pengusiran roh asal Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal tampil pada HUT RI di Istana Negara, Jakarta. Tari lumense adalah tarian yang berasal dari daerah Kabaena atau Tokotua, pulau di daerah pemekaran Kabupaten Buton, Provinsi Sultra, dengan penduduk aslinya suku Moronene. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mengenal tari lumense, tarian pengusiran roh yang berasal dari daerah Bombana, Sulawesi Tenggara, ditarikan oleh penari pada HUT RI di Istana Negara.

Tari lumense adalah tari tradisional asal Kabaena atau Tokotua yang merupakan pulau di daerah pemekaran Kabupaten Buton, Provinsi Sultra, dengan penduduk aslinya suku Moronene.

Tari tersebut menjadi salah satu tari-tarian yang bakal memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 2022 di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Tari lumense ditarikan oleh penari yang berjumlah 100 orang dari daerah ini pada perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 RI itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribunnewsSultra.com pada Senin (15/08/2022), para penari asal Sultra tersebut sudah berada di ibu kota dan melakukan gladi bersih di Istana Negara.

Baca juga: Tari Lumense Bombana Sulawesi Tenggara Bakal Ditampilkan dalam Upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara

Aktivitas para penari tarian lumense jelang pertunjukan tersebut misalnya diunggah akun Facebook Anindya Duliman Amin, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Kabupaten Bombana.

“Alhamdulillah, gladi bersih telah selesai kurang lebih 2 jam, semua berjalan lancar. Semangat adik-adik penari sangat tinggi karena ingin menampilkan yang terbaik bukan saja untuk Wonua Tokotua ataupun Sulawesi Tenggara tapi untuk Negara Indonesia tercinta,’ tulisnya.

Teranyar, tim penari tari lumense juga mendapat kunjungan Penjabat Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara atau Pj Sekda Sultra Asrun Lio dan anggota DPR RI asal Sultra Hugua.

Selain itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Basiran, Kepala Dinas atau Kadis Pariwisata Sultra Belli Harly Tombili, serta Ketua Kadin Sultra Anton Timbang.

Lantas apa itu tari lumense yang berasal dari Kabupaten Bombana, Provinsi Sultra tersebut?

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved