Berita Wakatobi

Sandiaga Uno Sebut Sertifikasi Tanah di Destinasi Wisata Ciptakan Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Sandiaga Uno mengatakan penerbitan sertifikasi tanah di destinasi wisata dapat mendorong terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas.

Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan penerbitan sertifikasi tanah di destinasi wisata dapat mendorong terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas. Hal tersebut disampaikan Menparekraf usai menghadiri acara Sambung Rasa GTRA Summit 2022, di Patuno Resort, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Rabu (8/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, WAKATOBI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan penerbitan sertifikasi tanah di destinasi wisata dapat mendorong terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf usai menghadiri acara Sambung Rasa GTRA Summit 2022, di Patuno Resort, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Rabu (8/6/2022).

"Jadi, masalah tanah ini jika tersertifikasi, bisa tiba-tiba datang peluang untuk keluar dari kemiskinan absolut bagi masyarakat, terutama masyarakat di pesisir ini bisa disolusikan," ucap Sandiaga Uno.

Kata dia, persoalan sertifikasi tanah memang kerap kali menjadi hambatan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mendapatkan modal usaha.

Hal ini juga berlaku bagi masyarakat, terutama di daerah pesisir yang ingin mendapatkan akses permodalan dari lembaga keuangan formal untuk memulai usaha mereka.

Baca juga: Warga Rebutan Baju yang Dilempar Jokowi saat Kunjungan Kerja di Kampung Mola Raya Wakatobi Sultra

"Nah, Pesiden pun sudah memberikan arahan agar ada percepatan proses penerbitan sertifikasi tanah," ujar Sandiaga Uno.

Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 sendiri merupakan sebuah tim yang dibentuk sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018,

GTRA tersebut dibentuk untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masayarakat terkait dengan reforma agraria.

Dalam GTRA Summit 2022 akan dibahas lebih dalam mengenai hambatan yang dihadapi dan solusi yang akan diambil.

Karena selama ini, banyak kendala reforma agraria, salah satu penyebab sertifikasi tanah itu sulit, karena terjadinya tumpang tindih kewenangan suatu wilayah atau destinasi.

Baca juga: Presiden Jokowi ‘Nyeker’ hingga Gulung Celana Saat Lepas Tukik Penyu di Wakatobi Sulawesi Tenggara

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved