Berita Kendari

Kiat Kantor Imigrasi Kendari Sulawesi Tenggara Minimalisir Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang

Inilah kiat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari minimalisir kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam penanganan Pekerja Migran Indonesia.

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Samuel Toba 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Inilah kiat-kiat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari minimalisir kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam penanganan Pekerja Migran Indonesia atau PMI.

Kiat ini dibeberkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Samuel Toba kepada TribunnewsSultra saat ditemui usai menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakornas), di Claro Hotel, Kamis (9/6/2022).

Rakornas ini merupakan agenda Direktoral Jendral Imigrasi bersama Organisasi Internasional dan Pemerintah Kota atau Pemkot Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Anggaran Tahun 2022.

Agenda tersebut turut dihadiri sejumlah stakeholder dalam penanganan Pekerja Migran Indonesia atau PMI.

Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham, Sjahril mengatakan Rakornas ini merupakan sosialisasi pemberian pemahaman kepada kelembagaan daerah.

Baca juga: Imigrasi, Pemkot Kendari dan Organisasi Internasional Gelar Rakornas Bahas Pekerja Migran Indonesia

Kata dia, pemberian pemahaman dimaksudkan untuk memerangi dan menanggulangi kasus tindak pidana perdagangan orang.

"Karena ini kasusnya besar. Untuk itu, pimpinan daerah dan stakeholder dapat mengerti prosedur dari awal penerimaan PMI sampai di luar negeri serta suatu permasalahannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Samuel Toba mengatakan dalam memerangi dan menanggulangi TPPO, pihaknya memiliki sejumlah kiat yang dilakukan.

"Kami selalu diberikan penguatan tata cara menangguhkan pemberian paspor terhadap pemohon yang terindikasi menjadi tenaga kerja imigran Indonesia secara non prosedural," katanya.

Selengkapnya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Samuel Toba membeberkan kiat-kiat pihaknya dalam memerangi kasus TPPO.

Baca juga: Layanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kendari Capai 100 Orang per Hari, Cara Buat

- Dalam pembuatan paspor Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, selalu meyakinkan pemohon benar untuk tidak akan bekerja secara non prosedural di luar negeri

- Selanjutnya, mewawancarai dan melihat kejujuran pemohon tentang tujuan dan niat melakukan perjalanan luar negeri (jalan-jalan atau bekerja)

- Ketika wawancara Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari melihat dokumen pemohon

- Kemudian, melalui dokumen ditinjau kembali dari sisi usia, karena usia produkti pemohon sangat menentukan

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved