HUT TNI

Gubernur Sultra Ali Mazi Sebut TNI Tak Hanya Jaga Keamanan, Tapi Juga Membantu Pembangunan Daerah

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, menyampaikan apresiasi berbagai capaian yang dilakukan jajaran TNI.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi saat upacara perayaan HUT ke-76 TNI digelar di Pelataran Rujab Gubernur Sultra, Selasa (5/10/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, menyampaikan apresiasi berbagai capaian yang dilakukan jajaran TNI.

Hal itu disampaikanGubernur Sultra saat syukuran HUT ke-76 TNI yang digelar di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (5/10/ 2021).

Ali Mazi mengatakan Tentara Nasional Indonesia tak hanya sebagai institusi yang bertugas menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

Namun juga hadir dalam membantu pemerintah menyelesaikan pembangunan daerah terutama di wilayah Sultra.

"Kami yakini dukungan tersebut dapat mendorong percepatan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Sultra," ujar Ali Mazi.

Baca juga: Jalan Konggoasa Akses Menuju Pelabuhan Nusantara Kota Kendari Sudah Diaspal, Kini Tak Macet Lagi

"InsyaAllah berimplikasi positif bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan dan berkeadilan sosial,” tambahnya.

Untuk itu, pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota berkomitmen selalu mendukung berbagai langkah dan upaya memaksimalkan pelaksanaan berbagai peran strategis TNI.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah pemberian hibah lahan milik Pemerintah Kabupaten Buton seluas lebih dari 100 hektar kepada TNI melalui Korem 143/Haluoleo. 

Lahan ini dipersiapkan untuk mendukung rencana pembentukan komando resor militer (Korem) baru di wilayah kepulauan, dengan harapan ke depan dapat terbentuk sebuah komando daerah militer (Kodam) yang baru.

Selain sektor pembangunan daerah, TNI juga senantiasa hadir dalam penanganan bencana alam dan non alam, termasuk penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: Karyawan PT Telkom Witel Sultra Dilatih Padamkan Api Gunakan Karung Goni, Upaya Tindakan Pencegahan

Komandan Korem (Danrem) 143/Haluoleo Kendari, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan pemerintah daerah di Sultra, utamanya persiapan lahan.

Menurut Jannie, hibah yang diberikan Pemkab Buton bukan sekadar hadiah ulang tahun, tetapi juga wujud kepercayaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Sultra.

Dijelaskan, pada 2020 lalu, Pemkab Kolaka Utara juga menghibahkan tanah seluas 19,06 hektar untuk pembangunan Kodim Kolaka Utara.

Selanjutnya, 2021 ini Pemkab Bombana juga menghibahkan lahan seluas 37 hektar untuk pembangunan Markas Kodim dan asrama, serta 10 hektar untuk pembangunan Kompi Yonif 725.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved