Breaking News:

OPINI

OPINI: Celah Korupsi Dalam Regulasi Anggaran Covid-19

Dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 dan/atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan.

Editor: Muhammad Israjab
Handover
Siti Nurul Fatimah Tarimana, M.H (Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar) 

Opini: Siti Nurul Fatimah Tarimana, M.H

( Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar )

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Merespons pada keadaan darurat yang disebabkan pandemi Covid-19, pada tanggal 31 Maret 2020

Sesungguhnya  Presiden Republik Indonesia telah menetapkan 3 peraturan terkait sebagai bentuk penanggulangan terhadap pandemi tersebut.

Yakni Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) (“Kepres No. 11/2020”).

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) (“PP No. 21/2020”) dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020.

Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan (“Perpu No.1/2020”).

Perpu No. 1/2020 secara spesifik mengatur mengenai kebijakan keuangan negara, kebijakan perpajakan, program pemulihan ekonomi nasional dan kebijakan stabilitas sistem keuangan.

Baca juga: Opini: Perayaan Kemerdekaan dan Cengkraman Asing

Dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 dan/atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan.

Selain itu untuk penanganan pandemi Covid-19, pemerintah juga berwenang untuk melakukan tindakan yang berakibat pengeluaran atas beban APBN, yang anggaran untuk membiayai pengeluaran tersebut belum tersedia atau tidak cukup tersedia, menentukan proses dan metode pengadaan barang/jasa.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved