Breaking News:

Berita Konkep Terkini Hari Ini

Rancangan RTRW Konkep Disusupi Kepentingan Industri Tambang, Ancaman Besar bagi Masyarakat Konkep

Rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) atau Pulau Wawonii, kini kembali dibahas. 

Istimewa
Demo masyarakat Pulau Wawonii di Kantor Bupati Konawe Kepulauan terkait Rencana RTRW Konkep, Senin 12 April 2021. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) atau Pulau Wawonii, kini kembali dibahas. 

Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), dan Kementerian ATR/BPN berupaya mengalokasikan ruang tambang dalam rancangan RTRW Konkep

Hal tersebut membawa ancaman besar bagi warga dan pulau kecil Wawonii. 

Hal ini diungkapkan seorang warga Pulau Wawonii, saat diskusi publik terkait Rancangan RTRW Konkep Disusupi Kepentingan Industri Tambang, melalui Zoom, Jumat (16/4/2021). 

"Proses penyusunan rancangan Perda RTRW Kabupaten Konkep telah memperlakukan warga pulau secara diskriminatif dan dibahas di tengah pandemi Covid-19," kata warga Pulau Wawonii, Sarmanto. 

Menurutnya, lebih jauh upaya alokasi ruang untuk tambang itu mengancam keselamatan warga pulau yang mayoritas sumber perekonomiannya dari sektor pertanian atau perkebunan dan perikanan atau kelautan. 

Baca juga: Bupati Konkep Bertemu Napi Pemilu di Restoran Kendari, Ini Tanggapan Kepala KemenkumHam Sultra

Baca juga: Ini yang Dilakukan Bupati Konkep Usai Pelantikan, Foto-foto Bareng Tamu Tapi Enggan Lakukan Ini

Sebagaimana diketahui, Pulau Wawonii, meski telah mekar sejak tahun 2013 lalu, rancangan RTRW Konkep itu masih tertahan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN). 

Sehingga untuk kepentingan arahan dalam memanfaatkan ruang, Kabupaten Konkep masih mengacu pada RTRW Konawe, selaku kabupaten induk sebelum dimekarkan.

Adapun draft rancangan RTRW Konkep, selama ini tertahan di Kementerian ATR/BPN di Jakarta.

Hingga pada Selasa, 23 Maret 2021 lalu, kembali dibahas melalui Rapat Koordinasi Pembahasan Persetujuan Substansi RTRW Kabupaten Konkep di Kantor Wilayah BPN Provinsi Sultra.

Rapat itu dihadiri langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Sultra Basiran, Bupati Konkep Amrullah, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sultra Iljas Tedjo.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved