Berita Sultra

Festival Labengki 2022 Resmi Dibuka Anggota DPR RI Ir Hugua, Minta Pemda Promosi Hingga ke Eropa

Festival Labengki resmi dibuka Anggota DPR RI Ir Hugua di lapangan sepakbola Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Desi Triana Aswan
TribunnewsSultra.com/Fadli Aksar
Festival Labengki resmi dibuka Anggota DPR RI Ir Hugua di lapangan sepakbola Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut), pada Jumat (2/12/2022) malam. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONUT - Festival Labengki 2022 resmi dibuka Anggota DPR RI Ir Hugua di lapangan sepakbola Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut), pada Jumat (2/12/2022) malam.

Festival Labengki ini digelar untuk kedua kalinya setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2021 lalu.

Festival Labengki ini digelar selama 3 hari, mulai Jumat (2/12/2022) hingga Minggu (4/12/2022).

Selain Anggota DPR RI, pembukaan Festival Labengki dihadiri, Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Sultra, Andi Syahrir.

Baca juga: Tiga Rangkaian Kegiatan Baru Festival Labengki 2022, Bakal Diramaikan Touring Jet Ski

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 2 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra, La Ode Kaida, dan Asisten 1 Setda Konut.

Selanjutnya, anggap DPRD Sultra, Sudirman, dan sejumlah pejabat pemangku kebijakan yang lain.

Mewakili Kadis Pariwisata, Andy Syahrir menyampaikan, Gubernur Sultra Ali Mazi tak bisa hadir dalam pembukuan Festival Labengki ini karena sedang berada di Jakarta.

Di Jakarta Ali Mazi meresmikan jembatan anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) diikuti pejabat teras lainnya.

Dalam sambutannya, Andi Syahrir menjelaskan, Festival Labengki ini sudah dua kali digelar setelah pandemi Covid-19.

"Festival Labengki ini untuk membangkitkan sektor pariwisata setelah pandemi Covid-19 melanda," kata Andi Syahrir.

Ia membeberkan, Festival Labengki bakal diisi dengan kegiatan masyarakat, yakni lomba memancing tradisional, balap ketinting, kuliner tradisional dan lomba toilet bersih.

Selanjutnya, adapula kegiatan tambahan yakni touring jetski dari Kendari ke Labengki yang dilakoni komunitas jetski.

"Touring ini akan dikawal kapal dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal Kendari). Dan terkahir adalah penanaman benih kima," jelasnya.

Festival Labengki resmi dibuka Anggota DPR RI Ir Hugua di lapangan sepakbola Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut), pada Jumat (2/12/2022) malam.
Festival Labengki resmi dibuka Anggota DPR RI Ir Hugua di lapangan sepakbola Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut), pada Jumat (2/12/2022) malam. (TribunnewsSultra.com/Fadli Aksar)

Sementara itu, Hugua menyebut, kekuatan pariwisata di Pulau Labengki ada di bawah lautnya, terdapat spesies karang dunia seperti di Wakatobi.

Sehingga, Festival Labengki ini akan terdengar hingga ke penjuru Eropa dan negara luar jika promosinya adalah keindahan bawah laut.

"Kalau promosinya ini sejak awal (jauh jauh hari, maka saya yakin banyak orang-orang Eropa, Amerika, Asia, Afrika banyak sekali akan datang untuk menikmati keindahan bawah laut," ungkap Hugua.

Setelah memberikan sambutan, Hugua secara resmi membuka Festival Labengki ditandai dengan pemukulan drum bersama pejabat yang hadir.

Acara pembukaan ini ditutup dengan hiburan musik dangdut menghadirkan penyanyi Sarah DA Indosiar.(*)

(TribunnewsSultra.com/Fadli Aksar)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved