Berita Kendari

Zillenial Teacher Implementasi PBL di SDN 25 Kendari, Ajarkan Siswa Pecahkan Masalah Lingkungan

Zillenial Teacher mengimplementasikan Project Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar Negeri atau SDN 25 Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Zillenial Teacher mengimplementasikan Project Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar Negeri atau SDN 25 Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). PBL merupakan model pembelajaran yang dinilai efektif diterapkan di kelas sesuai dengan kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Merdeka Belajar. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Zillenial Teacher mengimplementasikan Project Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar Negeri atau SDN 25 Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

PBL merupakan model pembelajaran yang dinilai efektif diterapkan di kelas sesuai dengan kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Merdeka Belajar.

Jadi, pada dasarnya program Merdeka Belajar ini memiliki tujuan untuk memerdekakan guru dan siswa sekaligus merespons kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi industri 4.0.

Ketua Tim PBL Zillenial Teacher Kendari, Al Amin mengatakan kebijakan ini sejalan dengan gagasan yang dikemukakan Ki Hajar Dewantara.

Di mana, dalan gagasan itu yakni perlunya pendidikan yang humanis dan transformatif, yang dapat memelihara kedamaian dunia.

Baca juga: Sosok Mutiara Adria Hannas, Siswa SDN 6 Kendari Juara 3 Lomba Mendongeng Tingkat Nasional 2022

"Iya, melalui kebijakan ini, guru dapat memilih perangkat ajar untuk menyesuaikan kebutuhan belajar dan minat dari para peserta didik," ungkapnya, Selasa (29/11/2022).

Al Amin menjelaskan dalam hal ini peran guru sangat penting untuk merencanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Salah satu bentuk perencanaan pembelajaran yang baik adalah memilih model pembelajaran yang akan digunakan di ruang kelas.

"Model pembelajaran yang dipilih oleh guru haruslah disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik serta tuntutan kurikulum yang ada saat ini," katanya.

PBL adalah salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan peserta didik mengeksplorasi, interpretasi, sintesis, dan pengelolaan informasi menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Baca juga: Kisah Guru Honorer SDN 59 Kendari, Berkali-kali Gagal Tes CPNS, Tak Urungkan Niatnya Berbagi Ilmu

"Model pembelajaran ini dinilai efektif untuk diterapkan di kelas," kata Ketua Tim PBL Zillenial Teacher Kendari.

Katanya, sistem pembelajaran berbasis Project Based Learning mesti digalakkan terutama di era Merdeka Belajar.

"Hal ini perlu dilakukan agar kolaborasi antara pelajar terus terbangun melalui proyek pembelajaran tersebut," ucapnya.

Melihat kenyataan tersebut, Zillenial Teacher di bawah naungan Sekolah Guru Indonesia (SGI) melakukan kampanye pentingnya PBL.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved