Berita Kendari

DPRD Sebut Pj Wali Kota Kendari Harus Usulan Dewan, Bakal Kawal Sampai Penetapan di Kemendagri

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, menyatakan dewan akan mengawal proses penunjukan Penjabat atau Pj Wali Kota.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, menyatakan dewan akan mengawal proses penunjukan Penjabat atau Pj Wali Kota.

Pernyataan tersebut agar Pj Wali Kota Kendari nantinya yang dipilih sesuai dengan usulan di DPRD Kota Kendari.

Hal ini setelah DPRD Kota Kendari menetapkan tiga nama calon Pj Wali Kota yang diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

Ketiga nama yaitu mantan Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar, Kepala Biro Umum Kemendagri, Asmawa Tosepu serta Direktur Pengelola Logistik dan Peralatan BNPB, Nadhira Seha Nur.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik, mengatakan, penunjukan tiga nama ini mengikuti instruksi Kemendagri terkait tahapan penunjukan Pj Wali Kota.

Baca juga: Sosok Nahwa Umar, Kandidat Kuat Pj Wali Kota Kendari Bersama Asmawa Tosepu dan Nadhira Seha Nur

"DPRD sudah bulat menunjuk tiga nama itu, tetap kami akan kawal sampai Kemendagri," kata Rajab Jinik saat diwawancarai, Senin (12/9/2022).

Menurutnya, penunjukan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari tersebut sebagai representasi rakyat melalui DPRD.

Sehingga dirinya bersama 34 anggota DPRD Kota Kendari menginginkan Mendagri bisa menunjuk Pj Wali Kota Kendari yang diusulkan menggantikan Wali Kota Sulkarnain Kadir.

"Kita pastikan bahwa Pj Wali Kota yang ditunjuk dari tiga nama yang diusulkan dewan atas nama rakyat Kota Kendari," ujarnya.

Ia mengatakan, pengusulan tiga nama ini juga berdasarkan keputusan dari hasil musyawarah oleh 35 anggota DPRD Kota Kendari.

Baca juga: Gerbang Kota Minta DPRD Kendari, Pertimbangkan Sosok PJ Wali Kota Selanjutnya

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved