Berita Kendari

Gerbang Kota Minta DPRD Kendari, Pertimbangkan 'Sosok' PJ Wali Kota Selanjutnya

Gerakan Pemuda Pemerhati Pembangunan Kota (Gerbang Kota) Kendari datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Senin (12/9/2022).

Tribunnewssultra/Amelda Devi Indriyani
Gerakan Pemuda Pemerhati Pembangunan Kota (Gerbang Kota) Kendari datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Gerakan Pemuda Pemerhati Pembangunan Kota (Gerbang Kota) Kendari datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Senin (12/9/2022).

Gerbang Kota meminta beberapa pertimbangan dalam penetapan calon Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari yang akan diusulkan DPRD Kota Kendari.

Mengingat masa jabatan Walikota Kendari Periode 2017-2022 akan segera berakhir pada 9 Oktober 2022 mendatang.

Baca juga: Target Rekor Muri, Pemkot Kendari Libatkan 1.000 Pelajar Peringati Hari Kesehatan Gigi Nasional 2022

Koordinator Lapangan (Korlap) 1, Arisman Ariawan mengatakan proses penunjukan Pj tentu akan menimbulkan berbagai macam konfigurasi kepentingan politik.

Menurutnya itu tentu memiliki potensi kerawanan dan instabilitas di tengah keberagaman bidang kehidupan masyarakat di Kota Kendari.

Gerakan Pemuda Pemerhati Pembangunan Kota (Gerbang Kota) Kendari datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari
Gerakan Pemuda Pemerhati Pembangunan Kota (Gerbang Kota) Kendari datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari (Tribunnewssultra/Amelda Devi Indriyani)

Untuk itu pihaknya meminta DPRD Kota Kendari untuk memperhatikan beberapa hal pertimbangan dalam mengusulkan Pj Wali Kota Kendari.

"Kami meminta Pj Wali Kota Kendari yang diusulkan harus memahami kultur dan keberagaman di Kota Kendari, harus mampu menjaga stabilitas ekonomi rakyat dan keamanan di Kota Kendari," ujarnya.

Selanjutnya, Pj Wali Kota Kendari harus terlepas dan tidak pernah terjerat kasus hukum serta harus terlepas dan tidak memiliki konflik kepentingan dengan Petahana.

Diketahui, ada tiga nama calon Pj Walikota dari fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari akan ditetapkan hari ini.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan menjelaskan pengusulan masing-masing 3 nama dari 7 fraksi yang ada di DPRD Kendari dibatasi hari ini.

Baca juga: Kondisi Terkini Wisata Alam Tracking Mangrove Bungkutoko Kendari, Tidak Terawat Sepi Pengunjung

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved