Berita Kendari

Sandiaga Uno Dorong Kota Kendari Sultra Tetapkan Subsektor Unggulan Masuk Jaringan KaTa Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Kendari menetapkan salah satu subsektor ekonomi kreatif.

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Fadli Aksar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Kendari menetapkan salah satu subsektor ekonomi kreatif. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Kendari menetapkan salah satu subsektor ekonomi kreatif.

Pemerintah Kota Kendari diminta segera menetapkan subsektor ekonomi kreatif unggulan untuk dapat fokus dikembangkan dan masuk dalam jaringan Kabupaten/Kota atau KaTa Kreatif.

Menparekraf Sandiaga Uno menilai, Kota Kendari memiliki ragam potensi sektor ekonomi kreatif khususnya pada subsektor kuliner dan kriya.

Terdapat kekayaan ragam kuliner khas Kota Kendari yaitu lapa-lapa, sinonggi, pisang epe, bagea sagu, dan lainnya.

Begitupun produk dari subsektor kriya yang memiliki potensi untuk dikembangkan antara lain, kain tenun khas Kota Kendari dan kerajinan perak.

Baca juga: Sandiaga Uno Lawan Wali Kota Kendari Sulkarnain Beradu Buat Sinonggi, Dipandu La Ode Master Chef

Menurutnya, kekhasan tersebut dapat menjadi keunikan yang memiliki nilai jual tersendiri bagi Kota Kendari.

“Hari ini saya melihat antusiasme, optimisme ekonomi kreatif di Kota Kendari, ekosistem yang berbasis dua subsektor kuliner dan kriya," katanya.

"Ini yang akan kami pastikan pola kerja sama bersama pemerintah sehingga tahun depan Kota Kendari bisa mengikuti proses uji petik,” tambah Menparekraf Sandiaga Uno.

Melalui uji petik tersebut, Kemenparekraf turut memberikan pendampingan terhadap pelaku ekraf melalui pelatihan.

Selain itu, memberikan dukungan terhadap pemasaran dan bantuan pembiayaan kepada pelaku ekonomi kreatif.

Baca juga: Menparekraf Berkunjung di Kendari, Sulkarnain Kadir Pesan ke Pelaku UMKM: Jangan Lewatkan Momen Ini

Sandiaga Uno menyebut, pelaku ekraf di Kota Kendari perlu mengembangkan inovasi dan kreativitas, serta dukungan promosi, pemasaran, dan networking berbasis teknologi.

Hal itu dapat menjangkau lebih banyak orang, sehingga bisa mendorong perekonomian daerah dan membuka banyak lapangan kerja.

“Kota Kendari ini memiliki potensi yang luar biasa, kita harus menciptakan peluang agar kita bisa menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru," jelasnya.

"Ekonomi kreatif ini menjadi lokomotif untuk mendorong bersama kemajuan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra),” tambah Menparekraf.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved