Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-183: Roket Pasukan Putin Hantam Kota Chaplyne, 22 Orang Tewas

Kondisi terkini perang Kamis (25/8/2022): Roket pasukan Vladimir Putin tewaskan sedikitnya 22 orang di Ukraina hingga Rusia ancam putus listrik.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
EPA/Roman Pilipey via The Guardian
Foto: Tim penyelamat saat mengevakuasi korban di lokasi serangan rudal Rusia di Vinnytsia, Ukraina bagian tengah pada Kamis (14/7/2022). Kabar terbaru pada perang Rusia vs Ukraina hari ke-183 pada Kamis (25/8/2022): Roket pasukan invasi Vladimir Putin yang menghantam Kota Chaplyne, Ukraina bagian timur mengakibatkan setidaknya 22 orang tewas. Rusia juga disebut berencana akan memutus Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, PLTN terbesar di Eropa, dari jaringan listrik Ukraina. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Perang di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Kamis (25/8/2022) terhitung telah berlangsung 183 hari lamanya.

Kabar terbaru di antaranya adalah serangan roket Rusia menewaskan 22 orang di stasiun kereta api di timur Ukraina hingga Moskow disebut berencana akan putus listrik dari PLTN Zaporizhzhia.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Invasi yang disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' ini bertujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-182: Kyiv Waspadai Serangan Pasukan Putin di Hari Kemerdekaan

Konflik antar negara bertetangga tersebut hingga kini terus berlanjut dan belum tampak tanda-tanda akan segera berakhir.

Bahkan menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, perang Rusia-Ukraina bisa berlangsung selama beberapa tahun.

Kabar Terkini Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunnewsSultra.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-183 perang Rusia dengan Ukraina:

- Rusia berencana untuk memutuskan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, PLTN terbesar di Eropa, dari jaringan listrik Ukraina dengan risiko kegagalan sistem pendinginnya, kata Guardian.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-181: Roket Pasukan Putin Hantam 3 Desa di Donetsk, 2 Orang Tewas

Kepala Perusahaan Energi Atom Ukraina, Petro Kotin mengatakan para insinyur Rusia telah menyusun cetak biru sebuah saklar atas dasar perencanaan darurat untuk memerangi pemutusan sambungan listrik yang tersisa.

“Prasyarat untuk rencana ini adalah kerusakan parah pada semua jalur yang menghubungkan PLTN Zaporizhzhia ke sistem Ukraina,” kata Kotin.

- Sedikitnya 22 orang tewas dan 50 korban terluka dalam serangan roket Rusia di stasiun kereta api Ukraina saat hari kemerdekaan Rabu (24/8/2022) kemarin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan roket menghantam sebuah kereta api di sebuah stasiun di Kota Chaplyne, sekitar 145 km barat Donetsk di Ukraina timur.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-180: 5 Rudal Pasukan Vladimir Putin Hujani Wilayah Odesa

“Chaplyne adalah penderitaan kami hari ini (Rabu). Sampai saat ini, ada 22 orang tewas, 5 di antaranya terbakar di dalam mobil, seorang remaja berusia 11 tahun meninggal," ungkap Zelenskyy.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved