Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-180: 5 Rudal Pasukan Vladimir Putin Hujani Wilayah Odesa

Kondisi terkini perang Senin (22/8/2022): Sebanyak 5 rudal Rusia diluncurkan ke arah Odesa, Ukraina hingga terjadi penembakan di Kota Nikopol.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Layanan Darurat Negara Ukraina/Reuters via The Guardian
Foto Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi area perumahan yang rusak akibat serangan rudal Rusia di Odesa, Ukraina beberapa waktu lalu. Kabar tebaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-180 pada Senin (22/8/2022): Sebanyak 5 rudal pasukan Rusia diluncurkan dari Laut Hitam ke arah wilayah dekat Odesa, Ukraina hingga adanya penembakan di Kota Nikopol. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Perang yang terjadi antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Senin (22/8/2022) telah berlangsung selama 180 hari.

Kabar terbaru di antaranya adalah penembakan di Kota Nikopol, Ukraina yang dekat dengan PLTN Zaporizhzhia hingga 5 rudal Rusia hujani wilayah sekitar Odesa.

Invasi ini dimulai sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Putin bahkan menyebutnya sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-178: PBB Minta Vladimir Putin Tak Matikan PLTN Zaporizhzhia

Konflik di antara negara bertetangga tersebut sampai saat ini terus berlanjut dan belum terlihat tanda-tanda akan segera berakhir.

Menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, perang Rusia-Ukraina dapat berlangsung hingga beberapa tahun kemudian.

Kabar Terkini Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunnewsSultra.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-180 perang Rusia dengan Ukraina:

- Ukraina bersiap untuk mengintensifkan serangan rudal Rusia bertepatan dengan hari kemerdekaannya pada Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-177: Pasukan Putin Serang Kharkiv, 17 Orang Tewas dan 42 Terluka

Militer Ukraina memperingatkan bahwa Rusia telah menempatkan 5 kapal perang dan kapal selam yang membawa rudal jelajah di Laut Hitam.

Ukraina juga mengatakan bahwa Moskow menempatkan sistem pertahanan udara di Belarus.

Pertemuan besar telah dilarang di Kyiv selama 4 hari sejak Senin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan bahwa “Rusia mungkin mencoba melakukan sesuatu yang sangat buruk, sesuatu yang sangat kejam” minggu ini ketika Ukraina merayakan ulang tahun kemerdekaannya ke-31 dari Uni Soviet.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-176: 7 Orang Tewas dan 16 Korban Luka dalam Serangan di Kharkiv

- Tembakan artileri menghujani Kota Nikopol di Ukraina, dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia, semalam.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved