Breaking News:

Hari Kemerdekaan

Pakaian Adat Dipakai Presiden Jokowi Berasal dari Sulawesi Tenggara, Baju Dolomani Asal Buton

Tentang pakaian adat yang dipakai Presiden Jokowi berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah baju dolomani asal Kepulauan Buton.

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Aqsa
Kolase foto Tribunnews Sultra/ Kompas.com
Tentang pakaian adat yang dipakai Presiden Jokowi berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah baju Dolomani asal Kepulauan Buton. Pakaian adat berwarna merah tersebut akhirnya dikenakan Presiden Jokowi pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada hari ini. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Tentang pakaian adat yang dipakai Presiden Jokowi berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah baju Dolomani asal Kepulauan Buton.

Pakaian adat berwarna merah tersebut akhirnya dikenakan Presiden Jokowi pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada hari ini.

Seperti diketahui, baju adat Dolomani adalah salah satu busana adat yang berasal dari Kepulauan Buton, Provinsi Sultra.

Dolomani adalah pakaian adat kebesaran yang dulunya kerap dipergunakan sultan pada acara resmi kesultanan.

Pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi itu mirip yang dipergunakan Sultan Buton ke 35 Muhammad Ali.

Baca juga: Mengenal Pakaian Adat Dolomani dari Buton Sulawesi Tenggara Dipakai Presiden Jokowi di HUT RI 2022?

Sultan tersebut memimpin Kesultanan Buton pada tahun 1918-1921.

“Jadi yang saya buat ini, sama seperti pakaiannya sultan yang dahulu. Hanya saja ada sedikit modifikasi karena bahannya tentu berbeda,” kata pemilik Sampaga Taylor, Husein.

Husein dipercaya menjadi penjahit baju adat dolomani yang kini dikenakan Presiden Jokowi pada upacara Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke 77 di Istana.

Dia diminta oleh Pemerintah Kota atau Pemkot Baubau, Kepulauan Buton, Provinsi Sultra, untuk menjahit pakaian adat tersebut.

Pemkot melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra selanjutnya mengirimkan busana adat dolomani itu untuk dikenakan Presiden Jokowi.

Senada disampaikan istri Wali Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, secara terpisah.

Dia menjelaskan baju adat Dolomani tersebut merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi di kesultanan.

“Tentunya pakaian adat Kesultanan Buton yang sudah kami kirim ke Istana Negara itu memiliki makna filosofis,” kata Ketua Dekranasda tersebut.

Pakaian adat tersebut terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved