Berita Baubau

Sosok Penjahit Baju Adat Buton Dolomani untuk Dikenakan Presiden Jokowi pada Upacara HUT RI ke-77

Inilah sosok penjahit baju adat Kesultanan Buton Dolomani, yang bakal dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Inilah sosok Husein warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan penjahit pakaian adat Kesultanan Buton Dolomani yang bakal dikenakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Inilah sosok penjahit baju adat Kesultanan Buton Dolomani, yang bakal dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Husein warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan sosok dibalik pakaian adat Kesultanan Buton Dolomani tersebut.

Pemilik Sampaga Taylor di Kelurahan Tomba, Kecamatan Wolio ini mengaku tidak menyangka akan mendapat pesanan membuatkan baju adat Kesultanan Buton untuk orang nomor satu di Indonesia.

Husein mengatakan, awalnya mendapatkan pesanan baju adat yang bakal dipakai Presiden Jokowi melalui Ibu Wali Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Untuk proses pembuatannya, kata dia, dikerjakan hingga selesai selama dua hari mengingat baju itu harus dikirim ke Jakarta pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca juga: Makna Filosofis Baju Adat Kesultanan Buton Dolomani, Bakal Dikenakan Presiden Jokowi HUT RI ke-77

"Iya, perasaan saya senang sekali dan tidak menyangka karena bisa mengerjakan pakaian untuk RI 1," ucapnya saat ditemui wartawan, Senin (15/8/2022).

Ia menuturkan, pembuatan baju adat Kesultanan Buton ini membutuhkan proses yang luar biasa, karena waktu pemesanan sangat singkat.

Husein menyebutkan, pakaian adat ini adalah Dolomani yang digunakan Sultan Buton ke-35 Muhammad Ali pada tahun 1918-1921.

"Jadi yang saya buat ini, sama seperti pakaiannya Sultan yang dahulu. Hanya saja ada sedikit modifikasi karena bahannya tentu berbeda," terangnya.

Untuk diketahui, pada upacara memperingati HUT RI ke-77, Presiden Joko Widodo saat menjadi Inspektur akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Sultra.

Baca juga: Presiden Jokowi Bakal Pakai Baju Adat Kesultanan Buton Upacara HUT RI, Pemkot Baubau Kirim Dolomani

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved