Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Hari Ke-174: Putin Jadwalkan Referendum 4 Wilayah Ukraina, Target Pencaplokan

Kondisi terkini perang Selasa (16/8/2022): Rusia akan mereferendum 4 wilayah Ukraina hingga Zelenskyy kecam penyerangan di PLTN Zaporizhzhia.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Tangkapan Layar Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin saat pidato di Stadion Luzhniki Moskow tentang perang di Ukraina pada Jumat (18/3/2022). Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-174 pada Selasa (16/8/2022): Putin berencana melakukan referendum di 4 wilayah Ukraina hingga Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengecam penembakan di PLTN Zaporizhzhia. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Perang yang antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Selasa (16/8/2022) terhiting telah berlangsung 174 hari lamanya.

Kabar terbaru di antaranya adalah Rusia berencana melakukan referendum di 4 wilayah Ukraina hingga Kyiv mengecam penembakan di PLTN Zaporizhzhia.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Putin menyebut invasi tersebut sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Hari Ke-173: Rusia Perluas Kerja Sama Korut hingga Kapal Gandum Ukraina Siap ke Afrika

Konflik yang terjadi di antara negara bertetangga tersebut hingga kini masih berlangsung dan belum tampak akan berakhir.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebut bahwa perang Rusia-Ukraina dapat berlanjut selama beberapa tahun.

Kabar Terkini Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunnewsSultra.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-174 perang Rusia dengan Ukraina:

- Pejabat Ukraina dan Rusia melaporkan penembakan di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia, pada Senin (15/8/2022) dengan kedua belah pihak saling menyalahkan.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari 172: Zelenskyy Ancam Targetkan Pasukan Putin di PLTN Zaporizhzhia

Sebagaimana diketahui PLTN Zaporizhzhia merupakan PLTN terbesar di Eropa.

Seorang pejabat regional yang ditempatkan di Rusia mengatakan 25 serangan artileri berat dari howitzer M777 buatan Amerika Serikat menghantam dekat PLTN dan daerah pemukiman.

Ukraina mengatakan itu adalah perbuatan pasukan Rusia yang telah menembaki kota itu untuk mencoba membuatnya tampak bahwa Ukraina sedang menyerangnya.

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyerukan tindakan di PLTN Zaporizhzhia dengan mendesak dunia untuk tidak “kalah dengan terorisme” atau “menyerah pada pemerasan nuklir".

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-170: Zelenskyy Sentil Pejabat yang Beberkan Strategi Militer

"Jika sekarang dunia tidak menunjukkan kekuatan dan ketegasan untuk mempertahankan satu tenaga nuklir stasiun, itu berarti dunia telah hilang, ”kata Zelenskyy dalam pidato malamnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved