Berita Kendari

Bendera Merah Putih Sepanjang 770 Meter Bakal Membentang di Jembatan Teluk Kendari saat HUT RI ke-77

Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar upacara HUT RI ke-77 dengan mengibarkan bendera merah putih 770 meter.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar upacara Hari Kemerdekaan. Bakal kibarkan bendera sepanjang 770 meter di Jembatan Bahteramas atau Jembatan Teluk Kendari/ 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar upacara HUT RI ke-77.

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar di Jembatan Teluk Kendari atau Jembatan Bahteramas, dengan mengibarkan bendera merah putih sepanjang 770 meter.

Promotor Mahasiswa Pecinta Alam UMK atau Promotor Pengibaran, Laode Ishar mengatakan pada peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-77 ini pihaknya mengusung tema Persatuan Dalam Bingkai Kehidupan Masyarakat Sulawesi Tenggara.

Katanya, hal itu menjadi penting dalam kehidupan bermasyarakat utamanya di Kota Kendari. Semua itu bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada seluruh warga.

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Kesultanan Buton saat Upacara HUT RI ke77, Berikut Nama dan Filosofinya

"Artinya melalui kegiatan ini, bukan hanya sekedar seremonial saja melainkan inti didalamnya yaitu mampu memupuk tali persaudaraan untuk memerangi ego etnis,"katanya, Selasa (16/8/2022).

Lanjutnya, dalam kegiatan ini melibatkan beberapa lembaga antara lain Paguyuban Kecamatan Mataoleo Bombana, BEM Fisip UHO, BEM Unsultra, UKM Seni Pertanian.

Keluarga Besar Mahasiswa Teknis UMK, HMI MPO Komisariat Ahmad Dahlan UMK dan HMI Komisariat Bulan Sabit, Organda Konawe Selatan Kordinator wilayah Angata, dan Paguyubar Muna wilayah Kondongia.

Laode menuturkan setelah pengibaran bendera nantinya akan dirangkaikan dengan orasi ilmiah dari Kapolresta Kota Kendari atau yang mewakili.

Baca juga: Makna Filosofis Baju Adat Kesultanan Buton Dolomani, Bakal Dikenakan Presiden Jokowi HUT RI ke-77

"Selanjutnya akan dilakukan peletakan batu pertama untuk membangun Tugu Damai di Jembatan Bahteramas yang letaknya nanti tepat pada ujung jembatan arah ke Bungkuto,"ungkapnya.

Lanjutnya, dijadwalkan Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir yang akan meletakkan batu pertama dalam pembangunan Tugu Damai, dan rangkaian terakhir akan dilakukan doa bersama.

Katanya, PT Arga Morini Indah Site Kabaena merupakan perusahaan di bidang pertambangan yang mendukung segala persiapan dari kegiatan yang akan berlangsung.

"Kegiatan ini nantinya akan melibatkan 500 orang, dan kami juga membuka untuk masyarakat umum yang hendak menyaksikan,"katanya.

Baca juga: Mengenal Tari Lumense, Tarian Pengusir Roh yang Berasal dari Bombana Ditarikan pada HUT RI di Istana

"Kami pun berharap melalui kegiatan ini menjadi satu langkah progresif guna menciptakan kehangatan dalam bermasyarakat di Kota Kendari,"pungkasnya.

Sebagai informasi, Tugu Damai yang akan dibangun berukuran tinggi sekitar 2 meter, dengan lebar 1 meter di ujung simpang tiga jembatan Bahteramas arah Bungkutoko.

Desainnya berupa batu prasasti dengan pondasi, tiang serta plakat bertuliskan pernyataan Perdamaian Masyarakat Sulawesi Tenggara.

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved