Berita Baubau

Presiden Jokowi Bakal Pakai Baju Adat Kesultanan Buton Upacara HUT RI, Pemkot Baubau Kirim Dolomani

Pemerintah Kota atau Pemkot Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengirim pakaian adat Kesultanan Buton ke Istana Negara Republik Indonesia.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Pemerintah Kota atau Pemkot Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengirim pakaian adat Kesultanan Buton ke Istana Negara Republik Indonesia.

Rencananya, pakaian adat yang akan dikenakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, pada saat upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77 berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse membenarkan pengiriman baju adat Kesultanan Buton ke Istana Negara.

Nursanti mengatakan, saat itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra mengabari dirinya membuat pakaian adat Kesultanan Buton untuk dipakai Presiden Jokowi dalam Upacara Hari Kemerdekaan RI.

Kata dia, baju adat Kesultanan Buton yang dikirim ke Istana Negara untuk dikenakan orang nomor satu di Indonesia ini disebut pakaian adat Dolomani.

Baca juga: Presiden Jokowi Disiapkan Baju Adat Tolaki Babu Ngginasami Ulusala untuk Upacara Hari Kemerdekaan RI

Dia menjelaskan, pakaian adat Dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi di Kesultanan Buton.

"Tentunya pakaian adat Kesultanan Buton yang sudah kami kirim ke Istana Negara itu memiliki makna filosofis," terang Nursanti saat ditemui TribunnewsSultra.com, Senin (15/8/2022).

Wa Ode Nursanti Monianse menyebutkan, pakaian adat Sultan Buton Dolomani terdiri mulai dari baju, celana, sarung, dan kopiah.

"Jadi pakaian adatnya sudah sampai kemarin di Jakarta dan telah dibawa ke Istana Negara," kata Wa Ode Nursanti Monianse.

Ia menuturkan pakaian adat yang dikirim ke Istana Negara dipesan dan dijahit secara langsung oleh penjahit yang ada di Kota Baubau, Sultra.

Baca juga: Baju Adat Suku Culambacu Konut Warnai Pembukaan Porseni 17 Agustus di Wiwirano Konawe Utara Sultra

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved