Berita Baubau

Bapas Kelas II Baubau Sultra Kerja Sama 11 Pokmas Lipas, Tingkatkan Kemandirian Mantan Narapidana

Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) kerja sama 11 Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas).

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama Kepala Bapas Kelas II Baubau Sri Maryani saat foto bersama dengan jajaran Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (19/7/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) kerja sama 11 Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas).

Kepala Bapas Kelas II Baubau, Sri Maryani mengatakan kerja sama ini guna membangkitkan kemandirian para mantan narapidana

Ia menjelaskan melalui kerja sama tersebut, para mantan narapidana diberikan berbagai pelatihan kerja dan bimbingan.

"Iya, pertama bimbingan kepribadian berupa konsultasi dan konseling dengan pembimbing kemasyarakatan, penyuluhan hukum dan pembinaan kerohanian," ucapnya, Selasa (19/7/2022).

Kedua, lanjut dia, bimbingan kemandirian berupa pelatihan kerja bagi mantan narapidana (klien pemasyarakatan) kerja sama 11 Pokmas Lipas.

Baca juga: Bapas Kelas II Baubau Gandeng Pemkot Beri Pelatihan Kerja Mantan Narapidana, Hilangkan Stigma Buruk

Ke-11 Pokmas Lipas ini di antaranya, penyuluhan hukum bekerja sama dengan LBH dan Mediasi Kota Baubau, pembinaan rohani bekerja sama dengan Kementerian Agama Kota Baubau.

Kemudian, pendampingan anak bekerja sama dengan DP3A dan Dinas Sosial Kota Baubau, pelatihan hidroponik dan sablon kerja sama dengan Baubau Kreatif.

Selanjutnya, pelatihan perbengkelan bekerja sama dengan Bengkel Kristal Motor, pengolahan minyak VCO.

Untuk pembuatan susu kedelai bagi mantan narapidana di Rutan Raha bekerja sama dengan Yayasan Alnadita Fasa dan Pawon Nara, pengolahan makanan ringan kerja sama Pokmas Lipas Aneka Jajanan.

Ia menuturkan, ke depannya masih banyak lagi kelompok masyarakat peduli pemasyarakatan yang diharapkan dapat menjalin kerja sama dengan Bapas Kelas II Baubau.

Baca juga: Tahun Ini, Bapas Baubau Sudah Tangani 89 Anak Berhadapan dengan Hukum, 39 Orang Lewati Diversi

"Karena tugas membina dan membimbing warga binaan bukan hanya tugas Lapas dan Bapas, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Sri Maryani.

Untuk saat ini, total klien di wilayah kerja Bapas Kelas II Baubau mencapai sebanyak 468 orang tersebar sembilan kabupaten dan kota.

Di antaranya delapan kabupaten yaitu Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Muna, Muna Barat, Bombana, dan Wakatobi serta satu kota yakni Baubau. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved