Berita Baubau

Cara dan Syarat Peserta Dapat Keringanan Pembayaran Tunggakan BPJS Kesehatan di Baubau Sultra

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Baubau meluncurkan program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB), pada Jumat (24/6/2022).

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Ekha Adrayani saat memaparkan program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap atau REHAB, pada Jumat (24/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Baubau meluncurkan program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB), pada Jumat (24/6/2022).

Hal ini dilakukan, guna memberikan keringanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN yang menunggak pembayaran.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Ekha Adrayani mengatakan, program REHAB merupakan wujud nyata kepedulian BPJS Kesehatan terhadap peserta.

Kata dia, terutama peserta dari segmen informal yang mendaftar secara mandiri dan memiliki tunggakan iuran lebih dari tiga bulan.

Ekha Adrayani berharap, melalui program ini peserta yang terdampak pandemi bisa terbantu untuk membayarkan iurannya dan menikmati manfaat kepesertaan JKN saat sakit.

Baca juga: BPJS Bakal Jadi Syarat Pengurusan SIM dan STNK, Satlantas Polres Konawe Mulai Sosialisasi

Ia menilai, pandemi telah menyebabkan menurunnya willingness to pay atau keinginan untuk membayar iuran, karena ketidakmampuan peserta untuk membayar.

"Jadi melalui REHAB ini peserta bisa mengatur pembayaran tunggakan secara bertahap," ujar Ekha Adrayani.

"Harapan kami program ini direspons baik oleh masyarakat sehingga membantu mereka melunasi dan suatu waktu jika sakit mereka memiliki perlindungan jaminan kesehatan,” tambahnya.

Ekha menuturkan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi jika seorang peserta JKN ingin mengikuti program REHAB.

Kata dia, pertama yang harus dipenuhi adalah peserta merupakan peserta dengan segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

Baca juga: Kartu Kepesertaan BPJS Kesehatan Jadi Syarat Wajib Urus Balik Nama Sertifikat Tanah, Berlaku 1 Maret

Peserta tersebut mendaftar secara mandiri dan atau peserta yang telah berpindah segmen kepesertaan, tetapi masih memiliki tunggakan iuran pada saat terdaftar secara mandiri.

Selanjutnya, syarat kedua, peserta memiliki tunggakan lebih dari tiga bulan dan maksimal 24 bulan (tunggakan 4 - 24 bulan).

“Untuk mengikuti program REHAB, peserta dapat mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di 165," kata dia.

"Kemudian pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 pada bulan berjalan. Untuk periode pembayaran dalam program REHAB maksimal 12 tahapan,” tambah Ekha.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Baubau ini berharap, peserta JKN memanfaatkan dengan maksimal program REHAB ini.

Baca juga: Syarat Mendapatkan Jaminan Kehilangan Pekerjaan BPJS Ketenagakerjaan, Ketahui Ini Manfaatnya

Selain memberikan keringanan, peserta JKN juga dapat memilih skema pembayaran dan jangka waktu penyelesaian tunggakan sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing.

Peserta pun dapat mengikuti REHAB ini lebih dari sekali dalam setahun. Jika peserta telah selesai melunasi termasuk membayar iuran bulan berjalan, maka kepesertaan akan aktif kembali. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved