Berita Kendari

Pengurus Daerah IPHI Kota Kendari 2022-2027 Resmi Dikukuhkan, Bakal Bimbing Jemaah Calon Haji

Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Kendari masa bakti 2022-2027 resmi dikukuhkan.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Kendari masa bakti 2022-2027 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan Wakil Ketua IPHI Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), Musadar Mappasomba di Zahra Syariah Hotel Kendari, pada Senin (20/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Kendari masa bakti 2022-2027 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan dilakukan Wakil Ketua IPHI Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), Musadar Mappasomba di Zahra Syariah Hotel Kendari, pada Senin (20/6/2022).

dr Sukirman resmi memimpin Pengurus Daerah IPHI Kota Kendari, Provinsi Sultra, hingga lima tahun mendatang.

Ia mengatakan hadirnya IPHI di Kota Kendari mempunyai banyak tugas dalam melakukan bimbingan kepada masyarakat yang akan melaksanakan haji dan umrah.

"Kegiatan IPHI tentu banyak sekali, tapi salah satu programnya yaitu memberikan bimbingan kepada jemaah calon haji dan umrah," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tenggara Lepas Jemaah Calon Haji, Ali Mazi Sebut Luruskan Niat dan Jaga Kesehatan

Direktur RSUD Kota Kendari ini mengharapkan, dengan adanya IPHI di Kota Kendari dapat menjadikan seorang haji yang betul-betul melaksanakan tanggung jawabnya sebagai haji.

"Bukan hanya sekadar gelar haji, melainkan ada tanggung jawab dari haji itu sendiri, yakni haji mabrur, akhlak terjaga, menjadi teladan, dan memberikan manfaat kepada masyarakat lainnya," bebernya.

dr Sukirman mengatakan setelah dikukuhkan hari ini, pihaknya akan mengagendakan sunatan massal yang diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu.

"Ini kita akan laksanakan tiga bulan ke depan, kemudian mengunjungi masjid-masjid untuk mendengarkan berbagai masalah yang bisa kita carikan solusi di dalam organisasi IPHI," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengharapkan pengurus IPHI Kota Kendari mengoptimalkan seluruh potensi jemaah haji.

Baca juga: Bupati Konawe Utara Ruksamin Lepas 12 Jemaah Calon Haji Konut Sultra, Ingatkan JCH Tak Bawa Jimat

"Iya, artinya kita semua yang sudah melaksanakan haji tahu betul, meresapi bagaimana ibadah haji itu," ujarnya.

"Jadi tidak ada lagi etnis, suku, dan bangsa di sana, itu mengajarkan kita untuk meleburkan seluruh identitas kita saat bergabung di sana," kata Sulkarnain.

Menurutnya, perbedaan bahasa pun tidak menghalangi untuk bersatu dengan yang lainnya. Sehingga hal tersebut menjadi semangat yang perlu dihadirkan.

"Setelah haji bisa menjadi teladan, pelopor gerakan-gerakan sosial dan lingkungan masyarakat, dirajutlah dengan baik, supaya benar-benar menjadi teladan dan contoh," bebernya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved