PPDB Kendari

Hari Pertama Pendaftaran PPDB 2022/2023, SD Negeri 85 Kendari Buka Posko Pelayanan

pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB sekolah dasar dan sekolah menengah pertama se Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara

Amelda Devi Indriyani
Posko pelayanan pendaftaran PPDB di SDN 85 Kendari Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Senin (20/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB sekolah dasar dan sekolah menengah pertama se Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pantauan TribunnewsSultra.com, pada Senin (20/6/2022) SD Negeri 85 Kendari membuka posko pelayanan.

Kepala SDN 85 Kendari Nahadeng mengatakan pendaftaran PPDB dilakukan secara online, sejak 20 - 25 Juni 2022.

Untuk itu, pengadaan posko pelayanan ini guna membantu para orangtua calon peserta didik yang kesulitan mendaftar secara online.

Baca juga: RESMI Pendaftaran PPDB Sultra 2022, Link, Syarat, Jadwal, Cara Daftar SMA dan SMK Sulawesi Tenggara

"Penerimaan siswa baru di SD Negeri 85 Kendari berjalan dengan lancar yang bertugas mulai dari ketua sekretaris operator dan guru yang bertugas di hari itu," ujarnya kepada TribunnewsSultra.com.

Ia menyebut posko pelayanan ini dibuka dari pukul 07.30 sampai pukul 12.00 WITA di halaman sekolah.

PPDB tahun ajaran 2022/2023 ini, pihaknya menerima sekiranya 75 siswa yang akan masuk di kelas 1.

Hal itu sebagaimana kuota yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari yakni 3 rombongan belajar (rombel), yang terdiri dari 25 peserta didik di masing-masing rombel.

Sedangkan jika pendaftar melebihi dari target maka akan dilakukan seleksi mulai dari seleksi umur, minimal 5 tahun 8 bulan tetapi dengan rekomendasi dari psikolog.

Baca juga: Pendaftaran PPDB Kendari 2022 Resmi Dibuka, Link, Syarat, Alur, Jadwal dan Cara Daftar TK, SD, SMP

Sedangkan syarat ijazah TK, Nahadeng mengaku belum menjadikannya sebagaimana syarat wajib. Mengingat yang sering mendaftar di sekolahnya adalah warga yang kurang mampu.

"Sementara di sekolah saya tidak terlalu kami wajibkan ijazah TK, karena terus terang orangtua siswa yang ada di sekitar kami ini kebanyakan pemulung, pekerjaan orangtuanya serabutan, karena rata-rata yang mendaftar ini tidak memiliki ijazah TK," ucapnya.

"Padahal umurnya sudah ada yang 7 tahun, 6 tahun 5 bulan, sementara itu usia sudah wajib untuk bersekolah makanya kami mudahkan," imbuhnya.

Kata dia, seusai pendaftaran beberapa hari akan dilanjutkan verifikasi berkas dan validasi data dimulai 27 - 28 Juni 2022.

Baca juga: Pendaftaran PPDB SMA SMK Sulawesi Tenggara 2022, Jadwal Syarat, Cara Daftar Online Offline di Sultra

Pengumuman hasil pada tanggal 29 Juni 2022 adalah sebagai. Pendaftaran ulang akan dimulai 30 Juni hingga 2 Juli 2022, dengan membawa bukti pendaftaran dan formulir isian Peserta Didik (Form PD) yang telah diisi pada sekolah tujuan.

Salah satu orangtua calon murid di SDN 85 Kendari Dwi Astuti (25) mengaku memilih mendaftarkan anaknya sekolah tersebut lantaran dekat dengan rumah, sehingga lebih mudah untuk dijangkau.

"Selain itu, karena saya juga alumni di sini dulu, jadi anak mengikut karena dekat juga dari rumah," ujarnya.

Dwi datang ke sekolah lantaran ingin mengetahui lebih dulu hal-hal yang menjadi syarat dan ketentuan untuk mendaftar di sekolah tersebut.

"Alhamdulillah direspon sangat baik oleh pihak sekolah ada yang tidak kami tahu bisa ditanyakan langsung jika ada kesulitan mendaftar online juga dibantu," kata Dwi.

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved