Berita Kendari

Komisi I DPRD Kunjungan ke Sekretariat KPU Kota Kendari Bahas Persiapan Pemilu 2024

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari segera membuat rancangan anggaran Pemilu 2024.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari segera membuat rancangan anggaran Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari, La Ode Lawama saat bertandang ke Sekretariat KPU Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Jl Chairil Anwar, Puuwatu, pada Selasa (7/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari segera membuat rancangan anggaran Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari, La Ode Lawama saat bertandang ke Sekretariat KPU Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Jl Chairil Anwar, Puuwatu, pada Selasa (7/6/2022).

Lawama menyampaikan kunjungan yang ia pimpin ini guna membahas persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang.

Kata dia, baik Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pileg), Pemilihan Wali Kota (Pilwali) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

Salah satunya pembahasan dalam kunjungan ini, DPRD mewanti-wanti KPU segera membuat rancangan anggaran Pemilu 2024, lantaran kondisi keuangan Kota Kendari agak sedikit melemah.

Baca juga: DPR RI Setujui Honor Petugas TPS Pemilu 2024 Naik hingga Rp 1,5 Juta

"Jadi harus kita pikirkan bersama karena Pemilu harus kita utamakan, ini adalah kepentingan seluruh bangsa," ujar Politisi PDIP tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh menuturkan, perannya sebagai KPU Kota menjadi implementator terkait keputusan KPU RI.

Untuk itu, pelaksanaan tahapan, jadwal dan program Pemilu 2024 ini, pihaknya masih menunggu hasil pembahasan KPU RI bersama Bawaslu RI, dan DPR RI.

"Kemarin sempat rapat dengar pendapat, itu masih dalam proses pembahasan anggaran di DPR RI bersama pihak penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu. Jadi kita menunggu," ujarnya.

Menurutnya, jika berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, paling lambat hasil keputusan KPU RI terkait pelaksanaan tahapan Pemilu akan keluar pada 14 Juni 2022 mendatang.

Baca juga: Bawaslu Sultra Gandeng Media Massa untuk Pengawasan Pemilihan Umum Jelang Tahapan Pemilu 2024

"Tahapan 20 bulan sebelum hari H berarti kalau dihitung paling lambat tanggal 14 Juni 2022," ujar Jumwal Shaleh.

"Ya, kita berharap sebelum 14 Juni 2022 itu sudah keluar PKPU tentang tahapan jadwal dan program, tapi kalau secara internal kami sudah siap," tuturnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved