Berita IAIN

Ratusan Mahasiswa IAIN Kendari Sultra Ikuti Kuliah Umum Penguatan Moderasi Beragama

Adapun kuliah umum mahasiswa ini bertajuk Penguatan Moderasi Beragama berlangsung di Auditorium IAIN Kendari pada Senin (23/5/2022).

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Sekira 800 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari mengikuti kuliah umum bertajuk Penguatan Moderasi Beragama di Auditorium IAIN Kendari. 

TRIBUNNEWWSSULTRA.COM, KENDARI - Sekira 800 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara mengikuti kuliah umum.

Adapun kuliah umum mahasiswa ini bertajuk Penguatan Moderasi Beragama berlangsung di Auditorium IAIN Kendari pada Senin (23/5/2022).

Menurut Rektor IAIN Kendari Prof Dr Faizah Binti Awad mengatakan giat ini merupakan upaya institusi dalam membuka cakrawala berpikir mahasiswa mengenai konsep moderasi beragama.

Kata dia, sehingga dengan kegiatan serupa mahasiswa mampu mengimplementasikannya di tengah kemajemukan masyarakat.

Baca juga: IAIN Kendari Siap Ikuti 13 Cabang Lomba pada Pekan Seni dan Olahraga Nasional PTKIN se-Indonesia

"Penguatan moderasi beragama dikalangan mahasiswa menjadi penting untuk digaungkan mengingat derasnya informasi yang bersifat ekstrim dan intoleran yang memengaruhi pola pikir mahasiswa," katanya.

Rektor berharap, dengan mengikuti kegiatan penguatan moderasi beragama, mahasiswa dapat menjadi generasi yang moderat dan menjadi penetrasi kelompok-kelompok radikal yang terus berkembang dan menyasar generasi muda.

Kegiatan ini menghadirkan Dr. Imam Safe’i, M.Pd Kepala Pusat Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI yang juga merupakan Sekretaris Nasional Kelompok Kerja Moderasi Beragama.

Dr. Imam mengatakan bahwa moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global.

“Moderasi Beragama menjadi sarana mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama dan berbangsa yang harmonis, damai dan toleran. Tujuan kita bersama adalah memperkuat kebersamaan dalam keberagaman,” tambahnya.

Baca juga: 11 Artikel Dosen IAIN Kendari Bakal Dipublikasikan pada Jurnal Internasional Bereputasi

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis pengarusutamaan moderasi beragama di kalangan mahasiswa.

Terutama bagi mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan serupa dengan metode tatap muka.

"Mayoritas peserta kegiatan ini merupakan angkatan 2020 dan 2021 yang selama ini mengikuti kegiatan akademik secara online, diharapkan dengan berpartisipasi secara offline pemahaman mereka tentang moderasi beragama  bisa  jauh lebih baik," ucapnya.

Penguatan moderasi beragama di IAIN Kendari telah diawali dengan pembentukan rumah moderasi beragama dan pelantikan duta moderasi beragama. Selain itu penguatan moderasi beragama juga telah dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran.

Kegiatan yang digelar secara offline ini merupakan kuliah umum perdana yang dihadiri oleh ratusan peserta sejak pandemi Covid-19 melanda. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved