Berita IAIN

IAIN Kendari dan UIN Palu Kerjasama Terkait Kuliah Kerja Nyata Bertajuk Moderasi Beragama

IAIN Kendari dan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu (UIN Palu) menyepakati program KKN bersama.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari dan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu menyepakati pelaksanaan kegiatan KKN Kolaborasi Nusantara bertajuk Moderasi Beragama 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - IAIN Kendari dan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu (UIN Palu) menyepakati program KKN Kolaborasi Nusantara bertajuk Moderasi Beragama.

Kesepakatan ini diambil usai rektor IAIN Kendari Prof Dr Faizah Binti Awad, M.Pd dan Rektor UIN Datokarama Palu Prof Sagaf S. Pettalongi menandatangani MoU bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi di kampus UIN Palu, pada Rabu (18/5/2022).

Rektor UIN Palu, Prof Sagaf S. Pettalongi mengatakan, UIN Palu dan IAIN Kendari dilakukan karena memiliki kedekatan emosional, sosialogis, geografis, dan psikologis.

Kata dia, oleh sebab itu kerjasama kedua PTKIN ini sangat diperlukan dalam rangka membangun dan memperkuat hubungan kedua belah pihak.

Sebagai tindak lanjut dari Kerjasama ini, Rektor UIN Palu Prof. Sagaf menawarkan program Bersama dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi yang akan ditempatkan di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah.

Baca juga: BEM UHO, UMK, IAIN dan Unsultra Minta Pemerataan Pendidikan di Indonesia pada Momen Hardiknas 2022

Menurutnya, pihak LPPM UIN Palu telah melakukan survey awal dan menemukan fakta penduduk Kabupaten Morowali Sulteng merupakan masyarakat plural dengan beragam suku dan agama.

Ia menyebut, dalam menjalankan aktifitas keseharian masyarakat masih memerlukan penguatan pemahaman moderasi beragama untuk menghindari terjadinya pergesekan horizontal dalam hubungan sosial.

Rektor IAIN Kendari Prof. Faizah menyebut baik rencana kolaborasi ini. Kegiatan KKN bertajuk moderasi beragama akan diintegrasikan dengan pelaksanaan KKN regular yang akan digelar Juli mendatang.

“Kegiatan seperti ini dapat menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan pengarusutamaan moderasi beragama baik bagi masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri.” tambahnya.

Baca juga: Berikut Jadwal, Cara Daftar dan Biaya Tes Masuk di IAIN Kendari Sulawesi Tenggara

Pada kesempatan itu, prof Faizah juga mengungkapkan, pelaksanaan program moderasi beragama perlu terus digaungkan sebagai wujud partisipasi kampus dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmoni dalam keberagaman.

Pertemuan silaturrahmi dan penanda tanganan MoU IAIN Kendari UIN Palu telah diagendakan sejak awal tahun 2022.

Lebih lanjut kata dia, kerjasama ini akan melengkapi program kolaborasi IAIN Kendari pada seluruh PTKIN di wilayah Sulawesi.

Kegiatan Kerjasama IAIN Kendari dan UIN Palu turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama selaku penanggung jawab kegiatan bidang Kerjasama pada institusi masing-masing.

Keduanya akan merumuskan program Kerjasama yang lebih konkrit dan implementatif sesuai kebutuhan Lembaga. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved