Berita Kendari

BEM UHO, UMK, IAIN dan Unsultra Minta Pemerataan Pendidikan di Indonesia pada Momen Hardiknas 2022

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah kampus di Kendari meminta pemerataan pendidikan pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
BEM UHO, UMK, IAIN dan Unsultra Minta Pemerataan Pendidikan di Indonesia pada Momen Hardiknas 2022 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah kampus di Kendari meminta pemerataan pendidikan pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022.

Peringatan Hardiknas 2022 dilakukan pada Jumat (13/5/2022) serentak secara nasional sesuai keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Harapan pada momentum peringatan Hardiknas tahun ini pun juga datang dari sejumlah Ketua BEM perguruan tinggi di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Misalnya Ketua BEM Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, dan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

Keempat presiden mahasiswa atau presma perguruan tinggi terkemuka di Kota Kendari ini serentak meminta pemerataan pendidikan di Indonesia agar dapat segera terwujud.

Baca juga: 18 Guru di Konawe Sulawesi Tenggara Diganjar Penghargaan pada Momen Perayaan Hardiknas 2022

Ketua BEM UHO, Muh Luthfid Anando Aly Roza mengatakan saat ini masih banyak anak-anak di Indonesia khusunya di Sulawesi Tenggra yang belum mendapatkan pendidikan layak.

"Tentu harapannya adalah harapan kita semua agar anak-anak di seluruh negeri, terkhusus di Bumi Anoa tak ada lagi perbedaan takaran pendidikan yang diterima setiap anak," harapnya.

Senada dengannya, Ketua BEM UMK, Karno berharap agar seluruh anak baik di pedalaman desa hingga tengah kota dapat menerima pendidikan yang layak.

Kata dia, pemerataan pendidikan bukan hanya soal banyaknya jumlah gedung sekolah melainkan biaya sekolah pun harus dapat dijangkau seluruh keluarga di Indonesia.

"Seluruh anak di negeri ini dapat merasakan nikmatnya menempuh pendidikan formal tanpa harus memikirkan biaya yang berpendidikan yang mahal," katanya.

Baca juga: SMAN 1 Kendari Gelar Parade Pakaian Adat Daerah Meriahkan Perayaan Hardiknas 2022

Hal yang sama pun disampaikan Ketua BEM IAIN, Hendra Setiawan yang berharap pendidikan di Indonesia khususnya di Sultra lebih maju dari saat ini dirasakan anak-anak Indonesia.

"Salah satu komponen terkuat menjadi negara maju ialah pendidikan. Olehnya sinergitas masyarakat, pemerintah, dan mahasiswa bersama-sama memajukan pendidikan di nusantara," terangnya.

Kemudian, Ketua BEM Unsultra, Hasir menuturkan pendidikan nasional tidak hanya dibebankan kepada guru saja tetapi peran seluruh stakeholder dan pemerintah.

"Iya, peran seluruh stakeholder untuk membangun pendidikan yang layak di Indonesia tentunya pendidikan yang merata dibutuhkan bagi seluruh mahasiswa dan kaum-kaum pendidikan," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved