Berita Kendari

1.021 Calon Mahasiswa Baru IAIN Kendari Ikut Seleksi Nasional Bebas Tes hingga 11 April 2022

Sebanyak 1.021 calon mahasiswa baru tercatat ikut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( SPAN-PTKIN )

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
Sebanyak 1.021 calon mahasiswa baru tercatat ikut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) di Insitut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 1.021 calon mahasiswa baru tercatat ikut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( SPAN-PTKIN ) di Insitut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diketahui, angka ini tercatat usai tutupnya seleksi nasional pada jalur bebas tes tersebut pada 31 Maret 2022 lalu.

Ketua panitia lokal IAIN Kendari, Dr Husain Insawan, M Ag mengatakan seleksi pada jalur bebas tes ini cukup ketat karena melalui beberapa tahapan dimulai dari metode scoring secara otomatis pada system informasi SPAN-PTKIN

Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi kesesuaian nilai rapor yang diinput pihak sekolah dengan dokumen asli rapor yang diupload pada website SPAN-PTKIN.

Baca juga: Wakil Rektor I UHO Dr La Hamimu Sebut Literasi Digital Kini Jadi Kebutuhan Primer Bagi Mahasiswa

"Tahapan seleksi akan berlangsung selama sepekan mulai dari 5-11 April 2022 dengan tahap verifikasi bertujuan untuk memastikan tidak ada manipulasi nilai guna meluluskan peserta tertentu," katanya pada Rabu (6/4/2022).

"Selaku panitia kami ingin memberikan jaminan bahwa mereka lulus pada jalur seleksi ini merupakan siswa berprestasi dari seluruh sekolah di Sultra," paparnya.

Ia menambahkan, jalur SPAN-PTKIN menjadi harapan besar bagi kampus untuk memperoleh input mahasiswa berprestasi baik secara akademik maupun non akademik.

Sementara itu, menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini, kualitas input mahasiswa pada perguruan tinggi memiliki kontribusi yang besar terhadap mutu lembaga di masa depan.

Oleh karena itu, kata dia sebagian besar kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa kami laksanakan bertepatan dengan dibukanya pendaftaran jalur SPAN-PTKIN ini.

"Meskipun demikian, IAIN Kendari tetap membuka kesempatan yang besar bagi calon mahasiswa untuk mendaftar pada jalur berikutnya yaitu Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN," imbuhnya.

Baca juga: Rektor IAIN Kendari Lantik Kapus Pengembangan Standar Mutu, Perkuat LPM Jelang Akreditasi Institusi

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved