Breaking News:

Berita Ekonomi

Perbandingan Pengeluaran Kendaraan Listrik dan Konvensional, Simak Ini Penjelasan PLN Kendari

Manager Pemasaran dan Layanan PLN Kendari Muh Syamsul Kamar mengatakan terdapat keuntungan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Manager Pemasaran dan Layanan PLN Kendari Muh Syamsul Kamar 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Manager Pemasaran dan Layanan PLN Kendari Muh Syamsul Kamar mengatakan terdapat keuntungan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.

Tentunya, hal itu katanya jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang masih menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Syamsul menjelaskan selain komponen kendaraan yang tak sebanyak mobil konvensional pada umumnya, keuntungan lain dari kendaraan listrik yakni pengeluaran dari segi operasional.

Menurutnya, jika pengecasan kendaraan listrik dilakukan sampai penuh, maka dibutuhkan daya sebesar 38,3 kWh.

"Dengan daya sebesar ini, maka kendaraan listrik bisa menempuh jarak sampai dengan 373 kilometer (km)," ucapnya melalui WhatsApp Messenger, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: PLN Kendari Bakal Bangun 2 Stasiun Pengisian untuk Kendaraan Listrik Umum, Dioperasikan Akhir 2021

Lanjut Syamsul, dengan perhitungan jika 373 km dibagi dengan 38,3 kWh, maka per kWh-nya bisa untuk menempuh jarak 9,7 km.

"Kalau penuh itu ada 38,3 kWh, bisa sampai 373 km, referensi Hyundai Ionic. Jadi satu kWh sama dengan lebih kurang 373/38,3 sama dengan 9,7 km per kWh," jelasnya.

Katanya, mobil konvensional yang menggunakan bensin, untuk konsumsi per 1 liter bensin, mobil bisa menempuh jarak sekitar 11 km.

"Misalkan mobil tersebut menggunakan bensin jenis Pertamax dengan harga Rp9.000 per liter, maka ini artinya per 1 km jarak tempuh, memerlukan ongkos bensin sekitar Rp818," katanya.

Sedangkan untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, menurutnya, setiap 1 kWh, bisa untuk menempuh jarak 9,7 km.

Baca juga: PLN Siap Melayani 18 Ribu Pelanggan Baru di Konawe Selatan Sulawesi Tenggara

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved