Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Agenda Wakil Menteri Perdagangan Kunjungi Buton, Lihat Potensi Aspal, Cek Pembangunan Pasar

Kunjungan itu merupakan program kerja mengoptimalkan produk dalam negeri yang mempunyai potensi besar.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Fadli Aksar
Handover
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga ke Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melihat potensi aspal Buton. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga ke Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melihat potensi aspal Buton.

Kunjungan itu merupakan program kerja mengoptimalkan produk dalam negeri yang mempunyai potensi besar.

Asisten I Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra), Basiran mengatakan, perintah Presiden RI Joko Widodo untuk memanfaatkan produk dalam negeri untuk pembangunan.

"Antara lain pembangunan jalan nasional, provinsi maupun kabupaten dan kota termasuk jalan desa," ucap Basiran melalui sambungan telepon, Rabu (9/6/2021).

Basiran menyebut, kedatangan wamen tersebut untuk mengecek kemampuan Buton menyediakan bahan baku aspal untuk pembangunan jalan seluruh Indonesia.

Baca juga: Gubernur Sultra Ali Mazi Bakal Ekspose Aspal Buton kepada Presiden dan Pengusaha di Munas Kadin

Ketersediaan bahan baku tersebut untuk menjawab kekhawatiran Kementerian Perdagangan.

Kemendag khawatir, apabila memberhentikan impor aspal yang selama ini digunakan, tapi bahan baku untuk memenuhi pembangunan aspal seluruh Indonesia malah tidak mencukupi.

Dari hasil kunjungan kerja tersebut didapatkan masih banyak Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang belum melakukan eksplorasi dan juga belum melakukan proses produksi.

"Sehingga perlu koordinasi lebih lanjut kepada lembaga pusat khusunya Kementerian ESDM dan Kementerian Investasi," ucap Basiran.

Kedepan koordinasi tersebut akan mencabut iup perusahaan yang tak bisa melakukan proses produksi kemudian akan diberikan kepada perusahaan yang mampu.

Baca juga: Gubernur Sultra ke Kepala BKPM di Jakarta Lanjut Bahas Aspal Buton, Sebut Pencabutan IUP

Kemudian kata Basiran, selain melihat potensi aspal buton Wamen Perdagangan juga melakukan pengecekan pembangunan pasar.

Hal itu sebagai tindaklanjut Kementerian Perdangan yang telah menurunkan anggaran ke kabupaten dan kota.

"Hal itu sebagai percepatan pemulihan ekonomi kerakyatan yang telah direncanakan oleh Presiden RI," kata Basiran.

Selain pengecekan pembangunan pasar, program lainnya yaitu pembangunan gudang untuk para petani dan nelayan untuk mengumpulkan hasilnya di gudang tersebut.(*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved