Breaking News:

Pilrek UHO 2021

Pelapor Kasus Plagiat Prof Muhammad Zamrun Sebut Tidak Punya Kepentingan dengan Pilrek UHO

Pelapor kasus plagiat Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Muhammad Zamrun, Dr La Ode Ngkoimani angkat bicara.

Penulis: Risno Mawandili | Editor: Fadli Aksar
(Risno Mawandili/TribunnewsSultra.com)
La Ode Ngkoimani melaporkan dugaan plagiasi karya ilmiah Prof Zamrun berjudul Fast Drying Of Cocoa Bean by Using Microwave yang meniru karya 2.45 GHz Microwave Drying Of Cocoa Bean. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pelapor kasus plagiat Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Dr Muhammad Zamrun, Dr La Ode Ngkoimani angkat bicara.

Menyusul Rekomendasi Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud), Kamis (15/4/2021).

Prof Muhammad Zamrun dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Rektor UHO Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), lantaran terbukti plagiat karya ilmah orang lain.

Mantan Wakil Rektor masa kepemimpinan Prof Usman Rianse itu mengirim laporan ke Direktoran (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) pada 5 Maret 2021.

Baca juga: Pilrek UHO Ditunda Gegara Kasus Plagiat, Dr Bahtiar: Saya Menunggu dan Patuh Keputusan Kemendikbud

Baca juga: Karya Plagiasi Prof Zamrun Rektor UHO yang Membuatnya Terganjal Calon Rektor Universitas Halu Oleo

"Sangat tidak ada hubungannya (pemilihan rektor), karena saya tidak ada kepentingan di sana. Tetapi saya berharap rektor yang terpilih tidak terduga plagiat. Siapa pun dia," ujarnya, lewat panggilan telepon, Selasa (20/4/2021).

La Ode Ngkoimani baru melaporkan kasus itu, sebab baru mengetahui ada kemiripan karyanya bersama tim dengan karya milik Prof Zamrun.

"Saya baru lihat-lihat lagi dokumen, tepatnya baru beberapa bulan lalu. Sebelum proses pemilihan rektor," ujarnya lagi.

Meski demikian ia mengakui, laporan dimasukan ketika Pemilihan Rektor Universitas Halu Oleo periode 2021-2025 mulai bergulir.

La Ode Ngkoimani melaporkan dugaan plagiasi karya ilmiah Prof Zamrun berjudul Fast Drying Of Cocoa Bean by Using Microwave yang meniru karya 2.45 GHz Microwave Drying Of Cocoa Bean.

Karena pelaporan itu, Ditjen Dikti Kemendikbud, merekomendasikan kepada panitia Pemilihan Rektor Universitas Halu Oleo agar Prof Zamrun tak diloloskan dalam penjaringan bakal calon.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved