PLN UPDK Kendari

Bibit Durian, Mangga dan Rambutan Diberikan PLN UPDK Kendari ke Petani Desa Mantowu di Buton Sultra

PLN UPDK Kendari menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bibit tanaman buah ke Kelompok Tani Karang Taruna di Desa Mantowu.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
PLN UPDK Kendari menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bibit tanaman buah ke Kelompok Tani Karang Taruna di Desa Mantowu, Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - PLN UPDK Kendari menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bibit tanaman buah ke Kelompok Tani Karang Taruna di Desa Mantowu.

Kegiatan penyerahan bantuan tersebut bertempat di Desa Mantowu, Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bantuan ini berupa durian sebanyak 70 bibit, mangga sebanyak 70 bibit, dan rambutan sebanyak 60 bibit dengan total nominal sebesar Rp50 juta.

Manager PT PLN UPDK Kendari, Muhammad Rusli Sain mengatakan tujuan dalam penyerahan bantuan ini adalah untuk membantu pemerintah dalam rangka membentuk komoditi unggulan.

Kemudian meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan sumber daya lahan sebagai usaha perkebunan buah-buahan.

Baca juga: Manfaatkan Abu Batu Bara Jadi Batako dan Paving Blok, PLN UPDK Kendari Libatkan PT Prima Dwi Utama

"Tujuan lainnya yaitu mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran serta menciptakan daerah hijau di desa tersebut," ungkapnya, Selasa (6/12/2022).

Muhammad Rusli Sain menuturkan kebun buah ini merupakan komoditi yang telah dan sedang diusahakan oleh kelompok tani di Desa Mantowu.

Sebagai upaya dalam memberikan kontribusi penting bagi kesejahteraan petani di wilayah Area PLTM Winning di Desa Mantowu.

Kebun buah yang telah diterapkan di kelompok tani terbukti membawa dampak menguntungkan bagi tumbuh kembangnya perekonomian pedesaan.

"Hal ini karena masih adanya minat petani yang mengusahakan sektor tanaman kebun buah yang ditanam di sela-sela pekarangan rumah dan kebun," katanya.

Baca juga: 35 Siswa SDN 88 Kendari Antusias Ikut Lomba Menulis Cerita yang Digelar PIKK PLN UPDK

Desa Mantowu merupakan desa terpencil yang terletak di Kabungka, dengan adanya bantuan ini diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

Harapannya nanti dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani kebun, memperluas lapangan pekerjaan dan kesempatan berusaha.

Sekaligus merupakan usaha untuk mengoptimalkan lahan sebagai usaha agrobisnis dengan dukungan semua pihak.

"Bantuan dari kami ini berupa bibit tanaman buah memberikan dampak positif, mengurangi dampak alam pada DAS PLTM Winning serta memberikan motivasi khususnya pengembangan tanaman buah ke depannya," pungkasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved