Berita Kendari

Mulai Oktober 2022 Beli Pertalite di SPBU Kota Kendari Pakai Aplikasi, Buka Layanan Pendaftaran

Bulan depan Oktober 2022 pelanggan yang membeli BBM jenis Pertalite wajib menggunakan barcode melalui aplikasi MyPertamina.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
Rencananya bulan depan Oktober 2022 pelanggan yang membeli BBM jenis pertalite wajib menggunakan barcode melalui aplikasi MyPertamina. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Rencananya pada bulan depan Oktober 2022 pelanggan yang membeli BBM jenis Pertalite wajib menggunakan barcode melalui aplikasi MyPertamina.

Wacana tersebut selalu ditunda tiap bulannya, namun dibeberapa SPBU mendapat informasi terkait penerapan tersebut.

Kendati demikian, hingga sampai saat ini sejumlah SPBU belum mengetahui jadwal pasti kapan kebijakan tersebut diterapkan.

Pengawas SPBU Tapak Kuda Kendari, Aswan mengatakan berdasarkan informasi yang ia terima penerapan tersebut akan diberlakukan pada awal bulan depan.

"Berdasarkan informasinya terkait pembelian pertalite pakai barcode itu katanya Oktober 2022, tapi tidak tahu juga kapan pastinya,"ungkapnya, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Ombudsman Sultra Banyak Terima Aduan Persoalan BBM Subsidi, Bahkan Heran Terkait Antrean di SPBU

Lebih lanjut, saat ini masyarakat masih diberikan kesempatan untuk melakukan pendaftaran di aplikasi resmi milik Pertamina.

Sedangkan bagi yang telah mendaftar dan sudah mendapatkan barcode, maka masyarakat dapat menggunakannya ketika membeli pertalite.

"Jadi masyarakat yang belum mendaftar kami sarankan selalu untuk segera mendaftar takutnya bulan depan itu sudah diterapkan,"imbuhnya.

Aswan menambahkan bagi yang belum mendaftar juga saat ini masih tetap dilayani yaitu dengan petugas yang akan menginput secara manual di sistem.

Pihaknya juga membuka layanan pendaftaran gratis MyPertamina di SPBU Tapak Kuda, sehingga masyarakat yang ingin mendaftar silahkan datang ke loket yang disediakan.

Baca juga: Masalah Antrean Panjang di SPBU Teratai Dipecahkan Kapolresta Kendari Saat Sidak Pengisian BBM

"Nanti masyarakat akan diarahkan oleh petugas kami bagaimana caranya mendaftar dan apabila ada kesulitan dalam prosesnya nantinya akan dibantu,"katanya.

Lebih lanjut, loket yang tersedia dulu dibuka pukul 09.00-16.00 Wita namun saat ini lebih dipersingkat yakni 09.00-14.00 Wita.

Sementara itu, Pengawas SPBU Teratai, Ishar mengatakan terkait dengan pembelian pertalite menggunakan aplikasi sudah berlaku mulai Agustus 2022 lalu.

Namun katanya, masih ada toleransi bagi pelanggan yang hendak melakukan pembelian BBM subsidi tersebut.

"Kami masih mencatat nomor polisinya (nopol) dengan manual kemudian kami akan arahkan untuk segera mendaftar,"katanya.

Lebih lanjut, sesuai informasi dari Pertamina penerapan tersebut akan diberlakukan pada 1 Oktober 2022 mendatang namun hingga sampai saat ini masih menunggu keputusan.

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved