Berita Kendari

Pengelolaan Pasar Basah Mandonga Kembali ke Perumda, DPRD Tegaskan Tak Perpanjang Kontrak PT Kurnia

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan menegaskan tak memperpanjang kontrak pengelolaan Pasar Basah Mandonga dengan PT Kurnia.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Subhan menegaskan tak memperpanjang kontrak pengelolaan Pasar Basah Mandonga dengan PT Kurnia. Hal tersebut disampaikan Subhan usai mengunjungi dan meninjau kondisi Pasar Basah Mandonga, pada Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Subhan menegaskan tak memperpanjang kontrak pengelolaan Pasar Basah Mandonga dengan PT Kurnia.

Hal tersebut disampaikan Subhan usai mengunjungi dan meninjau kondisi Pasar Basah Mandonga, pada Jumat (16/9/2022).

Politisi PKS tersebut mengatakan DPRD sudah tidak menginginkan lagi perpanjangan kontrak pengelolaan dengan PT Kurnia.

"Kita datang memastikan kembali bagaimana kondisi sekarang. Apa ada langkah perbaikan atau seperti apa? Supaya kita kawal bersama," ucapnya.

Subhan mengatakan pihaknya berupaya untuk mengawal peralihan pengelolaan Pasar Basah Mandonga ke Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Pasar Kota Kendari.

Baca juga: DPRD Kendari Cek Kondisi Bangunan dan Pedagang di Pasar Basah Mandonga, Segera Koordinasi Pengelola

"Dari periode pertama 2014-2019, kemudian 2019-2024 saya rasa sudah tiga kali rekomendasinya dikeluarkan DPRD, ini wanprestasi. Apalagi karena teman-teman (pedagang) antusias," ujarnya.

Ketua Komisi II, Rizki Brilian Pagala menambahkan sikap tegas DPRD Kota Kendari tidak lagi memperpanjang kontrak kerja sama dengan PT Kurnia.

"Jadi sikap DPRD Kota Kendari sudah sangat jelas pada Februari 2023 tidak ada lagi perpanjangan kontrak ke pihak ketiga siapapun itu," tegasnya.

"Jelas dalam perjanjian kerja sama dengan PT Kurnia, dua bulan sebelum habisnya masa kerja sama mereka harus mengembalikan fisik awal Pasar basah Mandonga," imbuhnya.

Rizki Brilian Pagala berharap, bangunan pasar bisa terawat dan direnovasi seperti kondisi awal saat para pedagang berjualan di lokasi tersebut.

Baca juga: Kondisi Pasar Basah Mandonga di Kendari Kian Kumuh, Pedagang Dukung Pemkot Ambil Alih Pengelolaan

Selanjutnya, Pasar Basah Mandonga bisa kembali dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar yang kini berganti nama menjadi Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Pasar Kota Kendari.

Sehingga dapat dikelola dengan profesional dan juga bisa membersamai teman-teman dari asosiasi pasar, agar bangunan Pasar Basah Mandonga tersebut bisa dijaga bersama-sama. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved