Wakatobi Tanpa Pesawat

Harga Tiket Wings Air ke Wakatobi Sultra, Bakal Kembali Buka Penerbangan Mulai 1 Oktober 2022

Wings Air akan kembali mulai beroperasi pada 1 Oktober 2022 untuk rute menuju Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Muhammad Rajulan mengatakan keputusan Wings Air kembali buka rute penerbangan usai pertemuan Pemprov, Pemda Wakatobi, dan Manajemen Lion Air. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Wings Air akan kembali mulai beroperasi pada 1 Oktober 2022 untuk rute menuju Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Muhammad Rajulan mengatakan keputusan Wings Air kembali buka rute penerbangan usai pertemuan Pemprov, Pemda Wakatobi, dan Manajemen Lion Air.

Ia menjelaskan dari hasil pertemuan, Lion Air sepakat membuka rute penerbangan dengan skema subsidi yang dipersiapkan Pemda Wakatobi dan Pemprov Sultra.

"Jadi sudah disepakati, Pemda Wakatobi memberi subsidi ke Wings Air, membantu biaya operasional. Dana subsidi sudah kami alokasikan di APBD Perubahan 2022," ujarnya via telepon, Jumat (16/9/2022).

Kata dia, besaran subsidi yang disediakan tidak mencapai Rp2,4 miliar seperti yang direncanakan sebelumnya.

Baca juga: Penerbangan ke Wakatobi Bakal Dibuka Kembali, Ada Subsidi Dana Operasional ke Wings Air

Menurutnya, harga tiket yang ditetapkan di bawah tarif yang semula diminta pihak Wings Air untuk memenuhi kebutuhan operasional sebesar Rp1,2 juta.

Namun, hal tersebut tidak disetujui, karena harga tersebut di atas biaya operasional yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan.

"Tadinya harga tiket Wings Air tujuan Wakatobi Rp1,2 juta, tapi tidak disetujui karena di atas ambang batas Peraturan Menteri. Sehingga disepakati harga tiket sekira Rp845 ribu," jelas Rajulan.

Ia menambahkan, Wings Air menyetujui biaya operasional dengan harga tiket Rp845 ribu untuk membantu peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Karena memang Wakatobi sebagai salah satu tujuan wisata 10 besar di Indonesia, harus ada jalur penerbangan," ucap Muhammad Rajulan. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved