Berita Kendari

Pemulihan Ekonomi dan Penyaluran Bantuan Masyarakat Jadi Fokus Pemkot Kendari di APBD Perubahan 2022

Pemerintah Kota atau Pemkot Kendari akan fokus pada pemulihan ekonomi dan penyaluran bantuan kepada masyarakat.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bersama Ketua DPRD, Subhan seusai rapat paripurna penetapan Raperda APBD Perubahan 2022, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota atau Pemkot Kendari akan fokus pada pemulihan ekonomi dan penyaluran bantuan kepada masyarakat.

Hal ini hasil kesepakatan Pemkot bersama DPRD Kendari seusai rapat paripurna pembahasan Raperda APBD Perubahan 2022.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan, dari hasil pembahasan bersama DPRD, Pemkot akan menganggarkan alokasi dana untuk memulihkan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Selain itu, program-program yang dicanangkan juga untuk memulihkan ekonomi di tengah inflasi yang terjadi di beberapa daerah termasuk Kendari.

"Kita tahu situasi ekonomi pascapendemi Covid-19 menurun, dan mengupayakan pemulihan ekonomi," Sulkarnain Kadir, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Kendari Preneur Anugerahi Sulkarnain Kadir Sebagai Bapak UMKM, Sinergi Terus Kembangkan Pendampingan

Kemudian, Pemkot Kendari meyalurkan sejumlah program pemerintah kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM bersubsidi.

Kata dia, penyaluran bantuan kompensasi BBM yang disiapkan merujuk Keputusan Menteri Keuangan agar pemerintah daerah membantu masyarakat menggunakan dua persen Dana Transfer Umum (DTU).

Pemkot Kendari sudah mengalokasikan dua persen dana sebesar Rp1,6 miliar yang diambil dari DTU tersebut.

Sulkarnain Kadir mengatakan, penyaluran bantuan dari pemerintah daerah untuk masyarakat terdampak sudah dilaksanakan atau tersalurkan.

"Sasarannya untuk masyarkat terdampak kenaikan BBM, dan Kota Kendari menjadi tercepat penyaluran bantuan progarm kompensasi BBM," ujarnya.

Baca juga: Rumah Kemasan Bagi Pelaku UMKM di Kendari Bakal Hadir Tahun 2023, Hemat Biaya Packaging

Politisi PKS ini menuturkan selain memulihkan ekonomi dan membantu perekonomian masyarakat, Pemkot dan DPRD bersepakat menuntaskan semua program tahun 2022.

"Nantinya dari Raperda yang sudah disepakati dan ditetapkan segera menjadi pedoman bagi perangkat daerah yang sudah disepakati pada tahun 2022," tutur Sulkarnain Kadir. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved