Berita Sulawesi Tenggara

Pemprov Sultra Sebut Usulan Pj Wali Kota Kendari dari DPRD untuk Pembanding, Penentuan di Kemendagri

Usulan tiga nama calon Penjabat atau Pj Wali Kota Kendari dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan menjadi pembanding di Kemendagri.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Laode Ari
Usulan tiga nama calon Penjabat atau Pj Wali Kota Kendari dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan menjadi pembanding di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muliadi saat dikonfirmasi TribunnewsSultra.com via telepon, pada Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Usulan tiga nama calon Penjabat atau Pj Wali Kota Kendari dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan menjadi pembanding di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muliadi saat dikonfirmasi TribunnewsSultra.com via telepon, pada Selasa (13/9/2022).

Kata dia, tiga nama yang diusulkan DPRD Kota Kendari nanti akan diseleksi bersama nama-nama usulan Pemerintah Provinsi Sultra.

"Usulan dari DPRD dengan Gubernur untuk nama-nama calon Pj Wali Kota Kendari akan dibandingkan Tim Penilai Akhir (TPA) di Kemendagri," ucap Muliadi.

Muliadi menjelaskan, dari mekanisme, usulan nama calon penjabat di daerah oleh DPRD bisa dilakukan karena menyangkut kebijakan dan menjawab keinginan masyarakat untuk penjabat yang diinginkan.

Baca juga: DPRD Sebut Pj Wali Kota Kendari Harus Usulan Dewan, Bakal Kawal Sampai Penetapan di Kemendagri

"Jadi tidak ada masalah karena itu kebijakan untuk menjawab dinamika yang berkembang di masyarakat," kata dia.

Namun lanjutnya, secara aturan pengusulan penjabat bupati yang tertuang dalam peraturan pemerintah tidak mengatur pengusulan penjabat oleh dewan.

"Kalau bicara aturan memang tidak ada aturannya, yang menjelaskan dewan mengusul nama penjabat daerah ke Kemendagri," jelas Muliadi.

Dia mengungkapkan, untuk Pemprov Sultra sendiri belum mengusulkan nama-nama calon Pj Wali Kota Kendari.

Karena, Pemprov Sultra baru akan mengusul pemberhentian jabatan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di Kemendagri.

Baca juga: Nama Calon Pj Wali Kota Kendari Segera Diusulkan ke Kemendagri, Pemprov Sultra Tunggu Juknis

"Kalau nama-nama Pj Wali Kota Kendari belum kami usul, baru diusulkan untuk pemberhentian," ucap Muliadi.

Setelah pengusulan SK pemberhentian jabatan Wali Kota Kendari sudah ada, maka Pemprov Sultra baru memproses nama-nama penjabat ke Kemendagri.

Kata dia, nama-nama yang bakal diusulkan seluruhnya pejabat eselon dua yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Ia menambahkan Gubernur Sultra akan meneliti berkas dan kriteria calon penjabat yang akan diusulkan di Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

"Berdasarkan penilaian dan penelitian itulah baru Gubernur Sultra tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari ke Kemendagri," tutur Muliadi. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved